Toyota Corolla Cross Resmi Diluncurkan dan Siap Tantang Honda HR-V

Mobil Baru

Toyota Corolla Cross Resmi Diluncurkan dan Siap Tantang Honda HR-V

BANGKOK – Toyota Corolla Cross resmi diluncurkan di Thailand pada Kamis (9/7/2020) dan bakal menjadi pesaing baru Honda HR-V.

Peluncurannya di ‘Negeri Gajah Putih’ sekaligus menjadi debut global dari sport utility vehicle (SUV) terbaru Toyota ini. Penjualan juga sudah dimulai bersamaan dengan perkenalannya, dengan harga setara Rp 457 juta-an hingga Rp 551 juta-an.

“Corolla Cross akan dijual di berbagai pasar lainnya pada masa depan,” ucap Toyota melalui situs resmi mereka tanpa merincikan lebih lanjut.

Seperti bisa ditebak, Corolla Cross merupakan versi SUV dari dari sedan Corolla. Model ini dibangun di atas platform TNGA-C.

Platform plus suspensi torsion-beam terbarunya diklaim memberikan performa berkendara stabil dan nyaman. Ruang kabin juga lega, dengan kapasitas bagasi diklaim terbesar di kelasnya yaitu 487 liter atau 440 liter (jika membawa ban cadangan.

Kapasitas penumpang Corolla Cross berjumlah 5 orang. Secara dimensi, panjangnya 4.460 mm dengan lebar 1.825 mm serta tinggi 1.620. Sumbu roda terbentang sepanjang 2.640 mm, dengan radius putar 5,2 m.

Sebagai sumber tenaga, Toyota membenamkan dua tipe mesin di SUV ini. Pertama adalah mesin bensin 1.8-liter berdaya 138 hp di 6.000 rpm dengan torsi 177 Nm di 4.000 rpm. Sebagai padanannya, diberikanlah transmisi Super CVT-I yang menyalurkan tenaga ke dua roda depan.

Ada pula mesin hybrid yang memadukan mesin bensin 1.8-liter dengan motor penggerak listrik. Mesin konvensionalnya bertenaga 96 hp dengan torsi 142 Nm, sementara motor listriknya berdaya 70 hp plus torsi 163 Nm. Girboksnya menggunakan Electric CVT.

Dilihat dari dimensi, kapasitas penumpang, serta kubikasi mesin konvensionalnya, Corolla Cross bakal berada di segmen SUV kompak. Para anggotanya antara lain adalah HR-V, Mazda CX-3, Nissan Kicks.

“Sekarang Corolla Cross telah bergabung dalam keluarga Corolla. Kami amat berharap para konsumen kami dapat menerimanya dengan hangat untuk menjadi bagian dari keluarga mereka: seperti partner, kerabat, atau sahabat. Kami harap kendaraan ini dapat membantu konsumen membuat kisah baru bepergian bersama orang-orang terdekat sambil membawa barang-barang serta impian bagi masa depan,” ujar Daizo Kameyama, Chief Engineer Toyota. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar