Honda Punya LMPV Mobilio, tapi Model Terlaris Malah City Car Brio

Berita Otomotif

Honda Punya LMPV Mobilio, tapi Model Terlaris Malah City Car Brio

JAKARTA – Honda merupakan salah satu pemain di segmen terfavorit konsumen Indonesia, low multi purpose vehicle (LMPV), lewat Mobilio. Akan tetapi, kontribusi penjualan Honda yang terbesar untuk saat ini malah datang dari city car Brio.

LMPV hingga detik ini masih menjadi ‘potongan kue’ terbesar di pasar mobil nasional. Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, pangsa pasarnya pada 2018 mencapai 24,5 persen dari total penjualan wholesales (distribusi ke dealer) Indonesia yang mencapai 1.152.641 unit.

Merek-merek yang bermain di segmen tersebut pun relatif amat bergantung pada LMPV mereka. LMPV umumnya menjadi kontributor penjualan nomor satu atau nomor dua mereka. Kalau pun tidak di posisi dua besar, penggantinya setidaknya sesama mobil tujuh penumpang lain atau mobil komersial kecil.

Honda sedang mengalami semacam 'anomali'. Model paling ‘sakti’ mereka saat ini adalah Brio yang notabene city car lima penumpang dan model terpopuler keduanya pun sport utility vehicle (SUV) lima penumpang.

Brio (penjualannya) terbesar. Total sumbangsihnya 46 persen dari total penjualan kami. Brio Satya 36 persen dan Brio RS 10 persen,” tandas Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM).

Sebagai informasi, Brio Satya merupakan varian yang bermain di segmen low cost green car (LCGC). Segmen ini mendapat keistimewaan dari sisi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sehingga lebih murah, tapi dengan beberapa syarat seperti kapasitas mesin kecil, harus dirakit secara lokal, dengan tingkat komponen dalam negeri tinggi.

Brio RS, di sisi lain, mempenetrasi pasar city car. Pesaingnya antara lain Daihatsu Sirion dan Suzuki Ignis.

Lebih lanjut, Billy menjelaskan dari sisi penjualan retail (distribusi dari dealer ke konsumen). Adapun total penjualan retail Honda pada Januari – Oktober kemarin, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), adalah 122.066 unit, turun 8,8 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sayangnya, dalam penjabaran penjualan per model, data Gaikindo hanya memaparkan secara wholesales. Dalam perspektif ini, kontribusi Brio malah lebih besar lagi terhadap penjualan Honda.

Wholesales Brio pada 10 bulan pertama 2019 mencapai 56.796 unit. Sebanyak 44.188 unit datang dari Brio Satya, sedangkan 12.608 unit sisanya hadir lewat Brio RS.

Adapun total penjualan wholesales Honda 111.824 unit. Artinya, kontribusi Brio secara wholesales mencapai 50,79 persen.

Model jagoan nomor dua adalah HR-V. Total wholesales HR-V bermesin 1.5-liter serta 1.8-liter mencapai 18.751 unit.

Mobilio baru terlihat di peringkat ketiga. Wholesalesnya mencapai 11.743 unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support