Honda Gold Wing Tersangkut Masalah Airbag Takata

Berita Otomotif

Honda Gold Wing Tersangkut Masalah Airbag Takata

CALIFORNIA - Kasus recall airbag Takata tidak hanya menimpa kendaraan roda empat, motor juga terlibat kasus tersebut. Salah satunya Honda Gold Wing.

Moge touring buatan merek Jepang ini terlibat recall inflator airbag Takata mulai model tahun 2006-2010. Motorcycle.com melansir, sekitar 2701 Honda Gold Wing harus ditarik berdasarkan laporan dari U.S. National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

NHTSA sudah mencium kasus tersebut sejak tahun 2008, namun pihak NHTSA mulai menyelidiki sejauh mana masalah airbag Takata pada tahun 2014. Dalam proses penyelidikan NHTSA menemukan bahwa airbag yang tersimpan di body depan berpotensi pecah ketika motor bertumbukan. Pecahan berupa logam dan benda padat lain terdorong ke wajah pengendara.

Recall airbag banyak melibatkan produsen mobil. Sampai saat ini telah memengaruhi sekitar 78 juta inflator airbag dipasang pada kendaraan roda empat dari 14 produsen yang berbeda. NHTSA telah mencatat 10 kematian dan lebih dari 100 orang luka-luka di Amerika Serikat.

Menurut NHTSA, cacat inflator terjadi karena airbag menggunakan wafer propellent berbasis nitrat amonium. Bahan kimia ini seharusnya tetap kering, namun justru terdegradasi oleh kelembaban lingkungan, suhu tinggi dan penuaan. Honda akan mengganti modul airbag pada model Gold Wing yang terkena dampak kerusakan. [Ikh/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual