Honda Civic Type R Bermesin Paling Beringas Guncang Geneva

Mobil Baru

Honda Civic Type R Bermesin Paling Beringas Guncang Geneva

GENEVA – All-New Honda Civic Type R akhirnya segera bisa dipinang setelah ditunggu selama 5. Honda menyatakan akan menjual Honda Civic Type R 2016 mulai musim panas 2015.

Itulah salah satu informasi yang diungkap Honda Motor Europe ketika membuka selubung versi produksi dari all-new Honda Civic Type R di Geneva Motor Show 2015.

Untuk pertama kalinya Honda menancapkan mesin 2.0-liter VTEC Turbo, desain agresif, dan memelopori teknologi-teknologi chassis baru. Jantung mekanis tersebut dipastikan menjadi mesin paling ekstrem dan berperforma tertinggi dalam sejarah 22 tahun Type R – sekaligus menandai era performa baru Honda.

Mesin direct injection dari keluarga Earth Dreams Technology itu meletupkan tenaga 310 hp pada 6500 rpm dan torsi 400 Nm pada 2500 rpm. Red line sampai 7000 rpm.

Seluruh torsinya dilimpahkan ke semua roda depan (front-wheel-drive) via transmisi manual 6-speed. Akselerasi 0-100 kpj dituntaskan dalam 5,7 detik – diklaim tercepat di segmen hatchback performa FWD. Sayangnya, kecepatan maksimalnya hanya dibolehkan mencapai 270 km/jam.

Kabinnya dirancang sangat sporty dengan banyak warna merah termasuk jok dan garis di dashboard. Shift knob dari alumunium. Jok sport berkelir merah/hitam menambah aroma ‘balap’.

Desain eksterior sangat agresif dengan bagian depan menampilkan bahasa “solid wing face” dan bokong berspoiler besar untuk menambah downforce.

Untuk meladeni keberingasan mesin dan menyajikan handling mantap, tim Honda menancapkan sistem suspensi inovatif. Adaptive Damper System 4-titik, dikembangkan khusus untuk Type R, memungkinkan kontrol independen terus-menerus terhadap setiap roda guna memberikan cengkeraman luar biasa ke jalan.

Sistem Dual Axis Strut Front Suspension sanggup mengurangi 50% torque steer (fenomena di mobil fwd, di mana saat mobil berakselerasi hebar menyebabkan mobil berbelok ke kiri atau kanan)  dibandingkan suspensi Civic regular, untuk meningkatkan stabilitas di kecepatan tinggi, menikung hingga batas, dan steering feel.

Di bagian belakang terdapat suspensi torsion beam berbentuk H dengan rigiditas 180% lebih baik untuk meroketkan stabilitas saat menikung cepat.

Sistem-sistem di atas ditunjang oleh Dual Pinion Electric Power Steering yang membantu  memberikan respon kemudi cepat namun linear dan rasa berlimpah. [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual