Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda BR-V Masih Jauh dari Pergantian Generasi

Berita Otomotif

Honda BR-V Masih Jauh dari Pergantian Generasi

KARAWANG – Honda tampaknya masih enggan untuk melakukan pengubahan model dari Honda BR-V meski penjualannya terus menurun.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor menegaskan bahwa pihaknya masih akan bertahan dengan model yang saat ini ada. Namun Ia tidak menampik akan melakukan sedikit pengubahan.

“Produk tidak bisa mengubah terlalu banyak. Sampai saa ini ya kami akan bertahan dengan Honda BR-V yang ada sekarang. Pengubahan (kedepannya) ya sesuai dengan survei yang kami lakukan, bisa kami update, tapo bukan full model change,” tegasnya.

Ia pun menambahkan bahwa meski banyak yang berpendapat bahwa Honda BR-V sudah saatnya dilakukan pengubahan total, tetap saja modelnya saat sebenarnya memang belum waktunya untuk mengganti generasi. Ini dikarena produk lokal sejatinya memiliki ‘usia’ yang lebih panjang.

“Kalau lokal itu memang agak panjang (life cycle), sekitar enam tahun tergantung dengan unit dan lain sebagainya,” tuturnya.

Ia pun menambahkan bahwa Honda BR-V, Mobilio dan Brio sebenarnya masih memiliki banyak keuntungan kepada pelanggan. Ini karena part yang digunakan pada mobil-mobil tersebut cukup serupa sehingga perawatan menjadi lebih murah.

“Honda BR-V, Mobilio dan Brio itu memberikan cost cukup murah khususnya untuk perawatan karena banyak part yang sama. Sehingga konsumen untuk after sales servicenya sangat diuntungkan karena partnya murah sekali. Dan kalau tiga platform ini digabungkan penjualannya, masih banyak perbulan. Jadi masih okelah, masih bisa memberikan keuntungan. Manufaktur juga masih jalan” tuturnya.

Meski demikian memang tidak dapat dipungkiri penjualan Honda BR-V terasa kurang greget. Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan bahwa wholesales Honda BR-V di bulan Januari hanya berhasil terjual sebanyak 166 unit. Jumlah tersebut kemudian turun drastis menjadi hanya dua unit di bulan Februari. Total, dalam dua bulan pertama di 2019, Honda BR-V hanya terjual sebanyak 168 unit.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang