Honda BR-V dan CR-V jadi Tumbal Kesuksesan Brio

Berita Otomotif

Honda BR-V dan CR-V jadi Tumbal Kesuksesan Brio

KARAWANG – PT Honda Prospect Motor (HPM) tengah fokus untuk memproduksi Honda Brio yang permintaannya terbilang cukup besar.

Kondisi tersebut pun membuat beberapa model lain yang di produksi di pabrik tersebut terpaksa harus dikurangi. Honda CR-V serta Honda BR-V pun menjadi korban dari besarnya permintaan Honda Brio di Indonesia.

“Tergantung permintaan konsumen. Kalau sekarang yang jelas kami tidak punya produk baru, jadi kami harus bertahan supaya produksi bisa berjalan baik. Ya kalau permintaan kurang kita harus atur stoknya supaya efisien. (Yang dikorbankan) mungkin Honda BR-V atau CR-V. Seperti Januari-Februari lalu, (produksi) CR-V kami turunkan. Tergatung permintaan konsumen,” terang Jonfis Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. HPM.

Honda Brio memang berhasil mendapat respon posotif bahkan sejak awal peluncurannya saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Respon positif tersebut pun terus berlanjut sejak bulan Januari.

Di bulan Januari, Honda tercatat berhasil menjual sebanyak 6.497 unit, terdiri dari Honda Brio Satya dengan catatan 4.798 unit sementara Honda Brio RS terjual sebanyak 1.699 unit. Pada bulan berikutnya, Honda Brio mengalami sedikit penurunan menjadi hanya 5980 unit dan terdiri dari Honda Brio Satya sebesar 4.688 unit dan Honda Brio Satya sebesar 1.292 unit.

Meski demikian, jumlah tersebut masih menjadikan Honda Brio sebagai model terlaris Honda di Indonesia saat ini. Dan karena Honda Brio mulai diekspor ke Filipina dan Vietnam, bukan tidak mungkin PT HPM harus meningkatkan jumlah produksinya sehingga harus mengorbankan model lain.

“Jumlahnya (kendaraan yang diekspor) masih belum ditentukan, masih dalam tahap pembicaraan. April nanti baru akan dikirimkan dari pelabuhan. Jadi untuk jumlahnya saat ini masih menunggu terlebih dahulu,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar