Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda Ajukan Paten Mesin 2-Tak Ramah Lingkungan

Berita Otomotif

Honda Ajukan Paten Mesin 2-Tak Ramah Lingkungan

JAKARTA - Bagi kebanyakan orang, mesin 2-stroke alias dua-tak merupakan mesin tidak ramah pada lingkungan. Honda tampaknya ingin memupus anggapan tersebut dengan mengajukan sebuah paten sebuah mesin 2-tak dengan sistem injeksi.

Mesin 2-tak sendiri bisa dibilang merupakan mesin sederhana bila dibanding mesin 4-tak. Mesin dua-tak pun diprediksi akan menjadi masa lalu dan punah karena dianggap tidak bisa mengikuti standar emisi dunia.

Tidak perlu negara maju, untuk mengikuti regulasi emisi di Indonesia saja mesin 2-tak cukup kesulitan. Itu yang membuat Honda memutar otak.

Akhirnya, Honda tersebut mengajukan permohonan paten untuk motor 2-tak yang menggunakan sistem injeksi. 

Pada paten tersebut tergambar sistem injeksi yang terpasang di belakang silinder, mengarah ke lubang silinder. Timing penyemprotan pun diperhitungkan secara detail agar mesin semakin hemat bahan bakar dan minim gas buang.

Honda percaya desain mereka ini dapat membantu menghilangkan beberapa kompleksitas desain mesin 2-tak serta membantu menurunkan biaya produksi dan pemeliharaan yang pada akhirnya membuat produksi mesin 2-tak kembali menjadi relevan. [Syu/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang