Honda Ajukan Paten Mesin 2-Tak Ramah Lingkungan

Berita Otomotif

Honda Ajukan Paten Mesin 2-Tak Ramah Lingkungan

JAKARTA - Bagi kebanyakan orang, mesin 2-stroke alias dua-tak merupakan mesin tidak ramah pada lingkungan. Honda tampaknya ingin memupus anggapan tersebut dengan mengajukan sebuah paten sebuah mesin 2-tak dengan sistem injeksi.

Mesin 2-tak sendiri bisa dibilang merupakan mesin sederhana bila dibanding mesin 4-tak. Mesin dua-tak pun diprediksi akan menjadi masa lalu dan punah karena dianggap tidak bisa mengikuti standar emisi dunia.

Tidak perlu negara maju, untuk mengikuti regulasi emisi di Indonesia saja mesin 2-tak cukup kesulitan. Itu yang membuat Honda memutar otak.

Akhirnya, Honda tersebut mengajukan permohonan paten untuk motor 2-tak yang menggunakan sistem injeksi. 

Pada paten tersebut tergambar sistem injeksi yang terpasang di belakang silinder, mengarah ke lubang silinder. Timing penyemprotan pun diperhitungkan secara detail agar mesin semakin hemat bahan bakar dan minim gas buang.

Honda percaya desain mereka ini dapat membantu menghilangkan beberapa kompleksitas desain mesin 2-tak serta membantu menurunkan biaya produksi dan pemeliharaan yang pada akhirnya membuat produksi mesin 2-tak kembali menjadi relevan. [Syu/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual