Hino Siap Songsong Aturan B30 di 2020

Berita Otomotif

Hino Siap Songsong Aturan B30 di 2020

JAKARTA – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk menghadapi aturan B30 yang akan diterapkan pada 2020.

Aturan B30 tersebut dikabarkan akan dicanangkan pemerintah pada tahun 2020 dan penerapan Euro4 pada kendaraan komersial akan digalakkan pada 2021. Aturan tersebut pun membuat HMSI harus bersiap jauh-jauh hari sebelumnya

“Kalau B30, sebenarnya kami sudah menyiapkan mesin yang sesuai dengan B30 tapi kami tetap mengacu pada Pemerintah kapan akan diterapkan aturan tersebut. Dari kami, mesin sudah siap, sudah selesai di tes, tinggal Pemerintah mau kapan penerapannya,” tutur Prasetyo.

Ia pun menambahkan bahwa untuk penggunaan B30, pihaknya harus melakukan upgrade kendaraan agar perfoma tetap maksimal. Namun pengubahan tersebut diklaim tidak akan terlalu sulit dan dapat dilakukan dengan cepat.

“Ada beberapa part yang harus ditingkatkan untuk B30. Partnya apa saja, saat ini belum bisa diinformasikan, yang jelas ada beberapa pengembangan. Tapi itu tidak sulit dan kami sudah siap untuk melakukannya,” tambahnya kemudian.

Sementara itu Santiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Promosi HMSI mengatakan bahwa meski pihaknya sudah siap, Pemerintah harus lebih memperhatikan kualitas bahan bakar. Hal ini agar filter diesel tidak cepat rusak.

“Pada dasarnya kami mendukung kebijakan Pemerintah. Hanya dengan B20 dan B30 ada beberapa yang harus disuarakan. Itu adalah bagaimana cara melakukan pencampuran FAME dan solar agar lebih baik lagi. Ini karena Fame membuat ada gel di filter dan membuat perfoma mesin berkurang. Untuk memperbaikinya harus diganti,” ungkapnya.

Kondisi tersebut membuat filter diesel memilki usia setengah dari usia filter diesel sebelumnya. Tercatat, bila sebelumnya dapat mencapai usia 20.000 km maka kini usia filter diesel hanya mencapai 10.000 km.

“Kami harap Pemerintah melakukan pencampuran yang lebih baik, sehingga hasilnya juga akan lebih baik,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar