Hasil Tes Tabrak Hyundai i10 Mengecewakan

Panduan Pembeli

Hasil Tes Tabrak Hyundai i10 Mengecewakan

KAJANG - Hyundai i10 mendapat nilai buruk ketika di tes tabrak. Dalam skala 1-5 yang diberikan oleh ASEAN-NCAP, Hyundai i10 hanya mendapat rating 1-bintang.

ASEAN-NCAP sendiri berusaha menguji semua mobil yang populer di kawasan Asia Tenggara. Sebenarnya Hyundai i10 sudah pernah dites tabrak oleh ASEAN-NCAP pada 2012 silam.

Hyundai dipilih kembali karena menurut survei, banyak masyarakat yang ingin sebuah mobil yang dahulu pernah di tes, kembali di tes untuk melihat sejauh mana mobil itu konsisten mempertahankan kualitasnya.

Artikel bersambung dibawah

Hasilnya, nilai Hyundai i10 malah menurun. Bila di 2012 nilai perlindungan terhadap penumpang dewasa mencapai 7.31 dari 16 poin, pada pengetesan terbaru nilai mobil ini hanya 4.4 dan mendapat rating 1-bintang.

Ada perbaikan di perlindungan terhadap anak yang nilainya naik dari 48 persen menjadi 79 persen atau naik dari 2-bintang di 2012 menjadi 4-bintang di pengetesan terbaru.

Namun demikian, hasil kinerja i10 untuk COP bernasib relatif baik dengan 79% kepatuhan (Peringkat 4-Star) dibandingkan dengan 2-Star pada tahun 2012.

Chairman ASEAN-NCAP Prof. Dr. Wong Shaw Voon mengaku dirinya jengkel dan sedih melihat hasil pengetesan ini.

"Tujuan utama dari tes tersebut adalah untuk memeriksa konsistensi manufaktur, terutama pada kinerja keselamatan kendaraan," katanya.

"ASEAN-NCAP kecewa dengan hasil tes ini dan kami pasti akan melakukan tes pemeriksaan lebih lanjut di masa depan untuk secara teratur memeriksa komitmen produsen mengenai keselamatan," lugasnya..

Meski begitu, sekretaris jenderal ASEAN-NCAP tetap mengapresiasi peningkatan yang ada di perlindungan anak setelah fitur ISOFIX diaplikasi di mobil ini.

"Hal ini menunjukkan penggunaan jok mobil dengan ISOFIX dan pengait dapat membuat dampak yang signifikan terhadap keselamatan anak-anak," tambahnya. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support