Hari Ini Gerbang Tol Pondok Gede Timur 2 Direlokasi Demi Pembangunan Kereta Cepat

Berita Otomotif

Hari Ini Gerbang Tol Pondok Gede Timur 2 Direlokasi Demi Pembangunan Kereta Cepat

JAKARTA – PT Jasa Marga akan melakukan relokasi Gerbang Tol Pondok Gede Timur 2 eksisting Mulai hari ini, Selasa 1 Februari 2021, pukul 14.00 WIB.

Gerbang tol yang berada pada 08+366 jalur B (arah Jakarta) Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan digeser demi pembangunan Proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Nantinya, Kendaraan dari arah arteri Caman menuju Jakarta melakukan transaksi di Gerbang Tol Pondok Gede Timur 2 yang baru, tepatnya bergeser 70 meter dari Gerbang Tol Pondok Gede Timur 2 eksisting.

PT Jasa Marga mengklaim bahwa saat ini mereka sudah melakukan beragam sosialisasi terkait kebijakan tersebut. Sosialisasi tersebut diantaraya adalah denga memanfaatkan spanduk imbauan dan Variable Message Sign (VMS) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Tak hanya itu, PT Jasa Marga juga mengingatkan bahwa ada pekerjaan proyek pembangunan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng milik PT Jasamarga Kunciran Cengkareng. Pekerjaan ini akan berdampak pada Ruas Tol Jakarta-Tangerang karena pada ruas tol tersebut akan dilakukan pekerjaan pelebaran jalan tepatnya di KM 15+000 sd KM 14+800 arah Jakarta.

Pembangunan tol
Pekerjaan pelebaran jalan sepanjang 250 m akan dilaksanakan dalam waktu 1 (satu) bulan mulai Kamis (28/01) hingga Minggu (28/02). PT Wijaya Karya selaku kontraktor pelaksana proyek pembangunan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng akan melakukan pengamanan di sekitar lokasi pekerjaan.

Pengamanan yang dilakukan adalah dengan memasang Moveable Concreate Barrier (MCB) dan pagar proyek pada bahu jalan sepanjang lokasi pelebaran tersebut. Selama pemasangan MCB dan pagar proyek akan dilakukan penutupan lajur 1 secara situasional untuk mobilisasi kendaraan alat berat.

Banyaknya pekerjaan yang dilakukan oleh Jasa Marga pada awal tahun 2021 diharapkan bisa memberikan pelayanan lebih maksimal kepada pengguna jalan tol. Namun, pengguna jalan tol juga tetap harus memperhatikan waktu tempuh yang mungkin akan menjadi lebih panjang dibandingkan sebelumnya selama perbaikan dilakukan.

Tak hanya itu, disarankan untuk pengguna jalan mempertimbangkan untuk menggunakan jalur alternatif. Hal ini untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang mungkin terjadi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar