Harga Toyota Avanza Facelift Bertahan Minimal 3 Bulan

Berita Otomotif

Harga Toyota Avanza Facelift Bertahan Minimal 3 Bulan

JAKARTA – Harga Toyota Avanza facelift yang masih sama dengan model lawasnya akan dikaji kembali pada Maret 2019.

Avanza facelift mengaspal pada Selasa (15/1/2019) di Jakarta. Salah satu kejutan dalam peluncuran Avanza terbaru ini adalah harganya yang 100 persen tak berubah dengan rentang Rp 188,6 juta sampai dengan Rp 239,45 juta on-the-road Jakarta untuk 11 varian, mulai dari 1.3 liter, 1.5 liter, hingga Veloz 1.3 liter dan 1.5 liter.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa harga tersebut sudah termasuk biaya Bea Balik Nama (BBN) terbaru per 2019. Ada dua alasan mempertahankan harga jual low multi purpose vehicle (LMPV) ini di level yang sama yakni kondisi daya beli pasar serta kondisi persaingan.

“Kami melihat kondisi pasar (untuk menentukan harga). Pastinya enggak mungin kami menaikkan harga dalam waktu dekat. Biasanya setidaknya tiga bulan. Ini karena harga kami kaji ulang setiap kuartal. Kalau ekonomi dan nilai tukar mata uang stabil, kami belum ada rencana menaikkan harga,” tandas dia usai seremoni peluncuran.

Avanza facelift sendiri berubah paling banyak di sisi eksterior, khususnya pada bagian fascia depan. Lampu depannya menerapkan desain split level seperti Toyota Voxy. Selain itu, lampu depan semua varian juga sudah memakai LED.

Grille juga berbeda, apalagi bagi Veloz yang menggunakan grille depan trapesium. Bemper baru yang lebih megar menjadikan penampakan Avanza terlihat lebih tajam plus lebar.

Fender rodanya pun lebih lebar, dengan penambahan side body molding pada bodi. Adapun sisi buritan tak terlalu berbeda karena hanya menampilkan penambahan plate chrome pada pintu belakang.

Untuk interior, ubahannya ada pada warna kabin, center cluster, sistem audio dan AC Control  Panel. Head Unit pada sebagian besar varian Avanza facelift serta seluruh varian Veloz terbaru sudah menggunakan teknologi layar sentuh plus Steering Switch Control.

Semua varian juga sudah menggunakan enam pengeras suara. Sebagai sentuhan terakhir pada interior, Toyota memberikan insulasi tambahan pada lantai, sasis bagian belakang, dash panel sehingga kesenyapannya meningkat.

Seluruh varian Avanza 1.5-liter plus Veloz sudah diberkahi sistem terintegrasi untuk Head Unit, Security System Back Sensor, serta kaca spionnya. Khusus Veloz 1.5-liter, ada lagi fitur Follow Me Home.

Fitur-fitur keselamatannya sendiri sendiri masih sama yakni Dual SRS Airbag, Seatbelt with Pretensioner and Force Limiter, Anti-lock Braking System (ABS), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passanger Seatbelt Warning.

Penyempurnaan pada sisi teknis dilakukan demi peningkatan stabilitas maupun kenyamanan. Perbaikan ada pada sektor Electric Power Steering, Coil Spring serta Shock Absorber. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar