Harga Sigra Cuma Naik Sedikit, Daihatsu Tolak Anggapan Karena Mobil China

Berita Otomotif

Harga Sigra Cuma Naik Sedikit, Daihatsu Tolak Anggapan Karena Mobil China

TANGERANG - Daihatsu Sigra tak mengalami kenaikan harga berarti di model facelift pertamanya. Namun, sang pabrikan menolak anggapan bahwa hal itu terjadi karena persaingan dengan mobil China.

Seperti diketahui, Sigra facelift mengaspal pada Senin (17/9/2019) di Serpong, Tangerang. Ini merupakan ubahan pertama sejak ‘saudara kembar’ Toyota Calya tersebut meluncur pertama kalinya di Indonesia pada 2016 silam.

Sigra facelift sendiri tidak mengalami kenaikan harga signifikan. Tipe terbawah masih berbanderol sama, sedangkan sembilan tipe di atasnya hanya naik dengan kisaran antara Rp 1,5 juta atau Rp 2 juta saja.

Dalam konferensi pers, Mobil123.com menanyakan apakah kenaikan harga sekecil itu dipicu oleh kompetisi dengan mobil China. Pasalnya, strategi mobil China untuk bersaing adalah memberikan lebih royal tapi memasang harga jauh lebih murah, bahkan bisa diperbandingkan dengan segmen di bawahnya.

Daihatsu, dalam jawaban mereka, tidak mengakui hal tersebut. Menurutnya, koreksi harga minim semata-mata disebabkan oleh pertimbangan seberapa besar perubahan yang dilakukan pada model facelift.

“Seperti harga tipe 1.0 D yang tidak naik walaupun ada perubahan. Ini karena tidak ada penambahan fitur, hanya perubahan desain. Tetapi mulai tipe di atasnya ada kenaikan Rp 1,5 juta dan yang tertinggi sampai dengan Rp 2 juta. Itu terjadi bukan karena ada ubahan desain saja tapi terdapat penambahan fitur. Misalnya di tipe 1.2 R. Tadinya punya audio 2-DIN tapi tidak touchscreen, kemudian menjadi touchscreen. Lalu (kaca spionnya) tidak electric retractable, sekarang menjadi electric retractable,” papar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head PT. Astra International - Daihatsu Sales Operation.

Tipe Sigra facelift secara lengkap adalah 1.0 D MT, 1.0 M MT, 1.2 X MT, 1.2 X AT, 1.2 X Deluxe MT, 1.2 X Deluxe AT, 1.2 R MT, 1.2 R AT, 1.2 R Deluxe MT, 1.2 R Deluxe AT. Dari keterangan maupun data spesifikasi Sigra facelift yang diberikan Daihatsu, diketahui bahwa memang ubahan dasar untuk semua varian hanyalah desain ekterior maupun interior.

Mulai varian 1.0 M, ada penambahan fitur-fitur sederhana yakni mud guard di keempat roda, lampu depan LED anyar, Smart Phone Pocket, Shift Lever Illumination Lamp (transmisi AT). Dari tipe R barulah ada fitur baru yang lebih menarik semisal Electric Retractable Outer Mirror, Rear Parking Camera dan 2-DIN Touchscreen.

Rincian fitur-fitur baru Sigra facelift dapat dilihat di sini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support