Harga BBM Bersubsidi Naik karena Rupiah Melemah

Berita Otomotif

Harga BBM Bersubsidi Naik karena Rupiah Melemah

JAKARTA  - Pemerintah akhirnya memutuskan untuk kembali menaikkan harga BBM bersubsidi (Premium dan Solar mulai dari hari ini (28/03) pada pukul 00.00 WIB.

Dalam keputusannya, Pemerintah menetapkan harga BBM bersubsidi akan naik Rp 500 rupiah per liternya. Dengan demikian, Premium akan dijual dengan harga Rp 7.300 per liter (sebelumnya Rp 6.800) dan Solar menjadi Rp 6.900 (dari sebelumnya Rp 6.400).

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM disebutkan bahwa kenaikan harga ini diakibatkan oleh meningkatnya rata-rata harga minyak dunia dan melemahnya nilai tukar rupiah. Untuk itu, guna menjaga kestabilan perekonomian nasional, kebijakan tersebut harus dilakukan.

Untuk menjaga akuntabilitas publik, auditor pemerintah maupun Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dilibatkan. Audit itu mencakup realisasi volume pendistribusian jenis BBM tertentu, penugasan khusus, besaran harga dasar, biaya penugasan pada periode yang telah ditetapkan, besaran subsidi, hingga pemanfaatan selisih-lebih dari harga jual eceran. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support