Hacker Makin Canggih, Mobil Bisa Diretas

Berita Otomotif

Hacker Makin Canggih, Mobil Bisa Diretas

DETROIT - Saat ini mobil sudah semakin canggih dan pemilik mobil kini bisa berkomunikasi dengan mobil mereka serta mengetahui kondisi mobil hanya dengan aplikasi di ponsel. Namun, hal itu ternyata menjadikan mobil rawan diretas. Menjadikan hacker bisa membuka dan menyalakan mobil.

Seorang peneliti bernama Samy Kamkar menasihati pengendara untuk tidak menggunakan aplikasi mobile untuk sistem komunikasi OnStar di kendaraan produksi General Motors Co.

Dia, seperti dikutip Reuters, mengatakan hacker dapat mengeksploitasi lubang keamanan di produk tersebut untuk membuka mobil dan menyalakan mesin dari jarak jauh.

'Hacker putih' ini menjelaskan kalau dia sudah mendapat cara untuk melakukan hal itu dengan mencegat komunikasi antara aplikasi mobile OnStar RemoteLink dan layanan OnStar di mobil.

Kamkar merilis video terkait hal ini hanya seminggu setelah pabrikan Fiat-Chrysler terpaksa harus menarik (recall) sekitar 1,4 juta kendaraan mereka setelah hacker menunjukkan kerentanan yang serius di Jeep Cherokee. Hacker bisa untuk mengambil alih mobil dalam kondisi mobil tengah dikendarai.

Saat ini ada lebih dari 3 juta orang telah men-download aplikasi mobile OnStar RemoteLink di ponsel iOs Apple dan Android. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual