Gula Bisa Hasilkan Energi untuk Kendaraan

Berita Otomotif

Gula Bisa Hasilkan Energi untuk Kendaraan

JAKARTA - Gula memberi energi untuk manusia agar bisa beraktifitas. Hal yang sama nampaknya juga bakal dialami oleh mobil di masa depan. Sebab gula diketahui bisa menghasilkan energi listrik yang dibutuhkan oleh mobil.

Ya, hal unik itu didapatkan oleh sebuah tim ilmuwan dari Cell-Free BioInnovations di Virginia Polytechnic Institute dan State University, AS.

Para peneliti menemukan kalau gula bisa diracik untuk mencapai oksidasi yang membuatnya bisa menghasilkan listrik. Saat para peneliti membuat semacam baterai yang menggunakan gula sebagai medium dasarnya, hasilnya memuaskan.

Sebab bio-baterai dari gula ini ternyata benas-benar bisa digunakan dan dapat mencapai kepadatan penyimpanan sekitar 596 Ah/kg.

Angka itu jauh lebih tinggi dari standar baterai lithium-ion yang banyak digunakan sekarang. Lithium-ion memiliki 42 Ah/kg.

Y-H Zhang yang memimpin penelitian ini mengatakan kalau baterai dari gula bisa bekerja untuk 10 kali lebih oke dibanding lithium ion dan dengan biaya yang lebih murah serta ramah lingkungan. Peneitian ini sendiri dipublikasi di Nature Communications.

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual