Ketum Gaikindo: Masa Depan Industri Otomotif Indonesia Cerah

Berita Otomotif

Ketum Gaikindo: Masa Depan Industri Otomotif Indonesia Cerah

TANGERANG - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 telah resmi dibuka pada Kamis (11/8/2022).

Pameran otomotif ini dihadiri dan diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan.

Ketua Umum (Ketum) Gaikindo, Yohannes Nangoi, dalam kata sambutannya mangatakan masa depan industri otomotif di Indonesia cerah.

"Sangat cerah, terus tumbuh, bergerak ke depan, menyongsong berbagai inovasi teknologi di masa depan," tekan Yohannes

Karena keyakinan inilah, GIIAS 2022 mengusung tema "The Future Is Bright".

Yohannes juga mengatakan saat ini, industri otomotif Indonesia sedang berupaya untuk menjadi "Pahlawan Devisa" bagi perekonomian Indonesia.

"Industri otomotif Indonesia terus mendorong penggunaan komponen dalam negeri, mengembangkan industri nasional, sehingga menjadi tempat yang menarik untuk para investor," jelas Yohannes.

Sementara itu, Airlangga menyampaikan dukungan dari pemerintah terhadap perkembangan industri otomotif, sejak industri ini memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

"Kalau kita lihat pertumbuhan ekonomi di kuartal II tahun ini mencapai 5,44 persen. Pertumbuhan ini salah satu yang tertinggi, dan tentunya harus berterima kasih kepada sektor otomotif," tutur Airlangga.

Ia melanjutkan salah satu dukungan pemerintah terhadap industri otomotif adalah Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 

"Pemerintah sudah mengeluarkan berbagai insentif atau regulasi, termasuk PP No. 4 tahun 2021 dan PP no. 73 tahun 2019 tentang PPnBM," lanjut Airlangga.

Ia menyebutkan harapan terhadap industri otomotif untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan dalam rangka mencapai target Net Zero Emmision pada 2060 atau lebih cepat, COP Paris Euro 4, serta perkembangan kendaraan listrik/EV.

Mengenai kendaraan listrik, Airlangga memberikan kesan kalau dalam pameran GIIAS kali ini, produk kendaraan elektrifikasi yang ditampilkan lebih banyak.

Saya rasa saat ini, di GIIAS EV-nya relatif lebih banyak dari pameran-pameran lain,” terangnya.

Airlangga menekankan pentingnya sektor otomotif sebagai gambaran sektor perdagangan Indonesia secara keseluruhan. Maka dari itu, semangat "The Future Is Bright" perlu diaplikasikan ke industri lain.

"Optimisme industri otomotif ini harus kita bawa ke sektor-sektor yang lain, karena sektor otomotif sangat terikat dengan sektor perdagangan" pungkas Airlangga.

GIIAS tahun ini dimeriahkan 25 merek kendaraan penumpang dan komersial. Ada lebih dari 30 kendaraan baru yang akan meluncur di hari pembukaan pameran.

GIIAS 2022 berlangsung mulai 11 hingga 21 Agustus 2022. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar