Geely Akuisisi Proton

Berita Otomotif

Geely Akuisisi Proton

KUALA LUMPUR – Pabrikan mobil asal China Geely mengambil alih 49 persen saham Proton mengalahkan PSA Group.

Sebelumnya Geely sempat dikabarkan mengundurkan diri sebagai penawar saham Proton. Namun satu bulan berselang, Zhejiang Geely Holding Group yang mengendalikan Geely Automobile telah mengakuisisi Proton. Hal juga membuat mereka menguasai produsen mobil asal Inggris yakni Lotus.

Sayangnya juru bicara DR-Hicom selaku pemegan saham terbesar Proton belum bersedia mengeluarkan pernyataan. Sebelumnya mereka hanya meminta agar perdagangan saham dihentikan sementara, sambil menunggu pengumuman resmi.

Proton sendiri didirikan pada 1983 oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohamad. Perusahaan yang bergerak di bidang otomotif tersebut, menerima bantuan dari pemerintah sebesar 4,5 triliun pada tahun lalu. Namun dengan syarat mereka harus memiliki rencana untuk perputaran uang dan mencari mitra asing.

Selain PSA Group, Geely juga mendapat saingan dalam hal pembelian saham Proton dari Peugeot dan Citroen yang berbasis di Paris. Kemudian tawaran juga datang dari Renault dan Suzuki Motor Corp Jepang.

Proton sendiri dibuat dengan menggunakan mesin dari Mitsubishi untuk dijual di pasar lokal yakni Malaysia. Namun kualitas mobil nasional negeri Jiran tersebut telah menurun beberapa tahun belakangan ini.

Dua pabriknya di Malaysia mampu menghasilkan 400 ribu kendaraan setiap tahunnya. Namun hingga saat ini kedua pabrik tersebut tengah berjalan jauh di bawah kapasitasnya. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab Proton semakin terseok-seok melawan kompetitor.

Proton sendiri sebenarnya sudah berupaya untuk mendapatkan modal asing pada 2007. Namun usaha mereka ditolak oleh pemerintah Malaysia. Masuknya investasi Geely diharapkan mampu meningkatkan penjualan Proton di dunia.

Langkah awal mereka adalah mengembalikan nama Proton di dunia yang sempat menghilang beberapa waktu. Geely sendiri bertekad untuk terlebih dahulu memasarkan Proton ke negara-negara left hand traffic (LHT) atau menggunakan mobil setir kanan seperti Inggris, India, Indonesia, Australia dan Malaysia sendiri.

Produsen kendaraan asal Tingkok tersebut juga memiliki misi lain yakni memasarkan beberapa teknologi Geely yang sukses di pasaran. Model GC9 dan SUV Boyue, dikatakan mampu meningkatkan penjualan mereka hingga 50 persen pada tahun lalu. Disebutkan bahwa Geely mampu menjual 756.851 kendaraan mereka dalam satu tahun. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual