Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ganjil-Genap di Jalan Tol tak akan Diterapkan Saat Musim Mudik 2017

Berita Otomotif

Ganjil-Genap di Jalan Tol tak akan Diterapkan Saat Musim Mudik 2017

JAKARTA – Kepadatan di jalan tol selama masa mudik memang terbilang cukup tinggi. Untuk itu sempat timbul wacana untuk membatasi kendaraan di jalan tol dengan menggunakan sistem ganjil-genap.

Namun, wacana tersebut dipatahkan oleh rekomendasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) kepada Kementerian Perhubungan. Hal ini dikarenakan regulasi atau dasar hukum di tingkat nasional belum ada dan kesiapan sistem rekayasa lalu lintas di jalan arteri belum memadai untuk mengimbangi rekayasa ganjil-genap di jalan tol.

Selain itu, dalam surat MTI tersebut juga dinyatakan, secara sosiologis masyarakat pengguna jalan tol belum siap bila penerapan ganjil-genap dilaksanakan tahun ini. Hal ini dikarenakan mudik Lebaran tinggal beberapa hari lagi.

Rekomendasi tersebut diberikan usai MTI melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang permasalahan dan kesiapan jalan tol untuk pembatasan mobil nomor ganjil-genap selama mudik Lebaran 2017 yang diselenggarakan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal senada pun ternyata sudah disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurutnya, lokasi pembatasan nomor polisi ganjil-genap pada masa angkutan Lebaran ini mencakup wilayah atau lokasi yang sangat luas. Dikhawatirkan jika diberlakukan, akan lebih mempersulit masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman.

“Ganjil-genap itu mencakup wilayah yang terlalu luas,” ujar Menhub Budi dalam siaran pers Kemenhub.

Sarana dan prasarana terus dibangun
Menhub mengatakan bahwa saat ini kesiapan sarana dan prasarana menjelang arus mudik tahun ini sudah mencapai 80 persen. Kementerian Perhubungan mengkoordinasikan penyelenggaraan Angkutan Lebaran pada 48 Terminal Bus utama; 35 Bandara; 52 Pelabuhan; 7 Lintasan Penyeberangan; 9 Daerah Operasi Perkeretaapian di Jawa; dan 3 Divisi Regional pekretertapian di Sumatera.

Ia juga menyarankan kepada para pemudik dengan kendaraan pribadi untuk tidak mengandalkan dan mengkonsentrasikan mudik melalui jalan tol Cipali, tetapi juga gunakan jalan Pantura atau Jalur Selatan yang sama baiknya.

Sementara untuk mereka yang akan menggunakan sepeda motor, Menhub kembali menghimbau kepada pemudik untuk mengikuti angkutan mudik gratis dari Kemenhub dan Mitra Kerja. Hal ini untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

“Keselamatan di jalan raya, kami ingatkan kepada para pemudik dengan sepedamotor, kami himbau untuk menggunakan angkutan mudik gratis yang sudah disediakan dengan menggunakan kapal, kereta api, truk (untuk angkut sepeda motor) dan bus,” tuturnya. [Adi/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang