Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gaikindo Targetkan 1,1 Juta Mobil Terjual di Tahun 2017

Berita Otomotif

Gaikindo Targetkan 1,1 Juta Mobil Terjual di Tahun 2017

JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimis di tahun 2017 ini akan menjadi tahun yang lebih baik dibanding tahun 2016.

“Pada 2015, kita berhasil menjual sebanyak 1,013 juta unit kendaraan. Meski hitungannya belum selesai, namun saya perkirakan di tahun 2016 kita berhasil menjual sebanyak 1,05 juta unit kendaraan. Nah di tahun 2017 ini, kami perkirakan jumlah penjualan mobil akan meningkat empat hingga lima persen menjadi 1,1 juta unit,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo saat dihubungi oleh Mobil123.com.

Peningkatan tersebut akan ditopang oleh segmen LCGC dan MPV yang selama ini memang menjadi segmen tergemuk di Indonesia. Sementara segmen dengan pertumbuhan terbesar diperkirakan akan diraih oleh segmen LCGC.

“Segmen komersial juga kami perkirakan akan tumbuh. Tahun lalu, segmen komersial (truk dan pick up) mengalami penurunan penjualan dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini dengan adanya peningkatan harga forecast atau mulai membaiknya bisnis batu bara dan sawit, penjualan kendaraan komersial akan tumbuh,” tambahnya.

Senada dengan itu, pengamat ekonomi Indonesia Josua Pardede mengatakan, bahwa target tersebut terbilang masuk akal. Hal ini karena kondisi ekonomi di Indonesia diperkirakan akan membaik dibanding tahun 2016 lalu

“Lebih baik dari tahun lalu, namun perbaikannya belum signifikan. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun ini mungkin sekitar 5,1 hingga 5,2 persen. Dengan ini, penjualan mobil di Indonesia juga bisa naik sekitar 3 hingga 5 persen,” ungkapnya pada Mobil123.

Selain pertumbuhan ekonomi, kebijakan Presiden Joko Widodo yang menggiatkan pembangunan infrastruktur juga membantu peningkatkan penjualan mobil. Pasalnya, banyak orang yang akan berpindah dari sepeda motor menjadi ke mobil.

“Banyaknya infrastruktur yang dibangun, khususnya di luar pulau Jawa akan memberi dampak baik pada industri otomotif. Pengguna sepeda motor akan pindah ke mobil LCGC karena harganya cukup murah dan bisa masuk tol. Dengan demikian waktu tempuh akan lebih sedikit,” ungkapnya. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang