Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gaikindo Klaim Industri Otomotif Indonesia Tidak Terlalu Terdampak Krisis Cip Semikonduktor

Berita Otomotif

Gaikindo Klaim Industri Otomotif Indonesia Tidak Terlalu Terdampak Krisis Cip Semikonduktor

JAKARTA - Krisis cip semikonduktor yang sudah terjadi sejak awal 2020 tidak terlalu berpengaruh bagi industri otomotif Indonesia.

Menurut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi, mobil-mobil yang diproduksi di dalam negeri tidak terlalu membutuhkan banyak cip semikonduktor.

"Beruntung di Indonesia hanya sedikit untuk kebutuhan semikonduktor, tidak banyak. Karena mobil-mobilnya masih standar, belum hybrid atau listrik yang kebutuhannya (semikonduktor) banyak," ujar Nangoi dalam jumpa pers Jakarta Auto Week, di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Nangoi menambahkan, pemakaian cip semikonduktor hanya untuk di bagian mobil seperti power window, TV, Radio, jam dan bagian lain yang perlu sistem elektrik. 

Tapi untungnya, di mobil bensin kebutuhan cip semikonduktor-nya bisa dibilang kurang, dibanding mobil listrik yang banyak menyerap dan membutuhkan lebih banyak semikonduktor.

Gaikindo bersama pemerintah bahu membahu melakukan kerja sama secara prinsipal, untuk tidak mengumpulkan pasokan semikonduktor yang digunakan untuk produksi mobil.

"Tolong, dari pada kumpulin cip-nya untuk beli satu mobil, Indonesia masih bisa bertahan kok. Stok ada, kemampuan produksi ada, ekspor tinggi juga ada. Jadi, Indonesia diuntungkan, karena saat ini belum produksi kendaraan yang full electric untuk kebutuhan domestik," sambungnya.

Untuk itu, Nangoi memastikan bahwa ketersedian mobil domestik terjamin. "Saya jamin kebutuhan mobil ada," ujarnya.

Terkait krisis cip semikonduktor, Kementerian Perindustrian mengupayakan bisa memproduksi di dalam negeri. Sehingga pasokan cip semikonduktor tidak terganggu.

"Yang penting jangan sampai cip memengaruhi produksi mobil di Indonesia, cepat dapatkan suplai untuk Indonesia," tutup Nangoi. [Tih/]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang