Gaikindo Ajak Semua Pihak Bantu Industri Otomotif

Berita Otomotif

Gaikindo Ajak Semua Pihak Bantu Industri Otomotif

TANGERANG - Pasar mobil Indonesia melemah mengikuti penurunan ekonomi yang kini terjadi di Indonesia. Namun industri otomotif tetaplah harus dijaga karena industri otomotif adalah industri strategis yang memiliki dampak besar pada perekonomian nasional.

Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi, memaparkan  tahun lalu penjualan mobil dalam negeri mencapai lebih dari 1,2 juta unit. Tapi di semester pertama 2015 hanya ada 520 ribu unit mobil, turun 16 persen bila dibanding tahun lalu.

Hingga akhir tahun ini, total penjualan tahunan diprediksi akan turun dibanding tahun lalu. Hingga penghujung tahun 2015 diprediksi hanya ada 950 ribu unit sampai 1 juta kendaraan bermotor akan terjual di Indonesia atau turun 14 persen bila dibanding tahun lalu.

Penurunan itu, lanjut Sudirman, banyak disebabkan karena melemahnya ekonomi Indonesia. Karena itu, dia mendorong agar semua pihak membantu industri otomotif karena industri ini memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia.

"Otomotif adalah industri yang strategis, yang memiliki dampak ganda bagi perekonomian nasional," katanya di pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Untuk urusan produksi, bila di tahun 2014 ada 1,298 juta unit mobil yang terjual, sementara di semster I 2015 hanya ada 577 ribu unit mobil yang diproduksi, turun 14 persen.

Namun, meski penjualan dan produksi mobil di Indonesia turun, kinerja ekspor diprediksi tetap bisa dipertahankan.

Ekspor mobil utuh atau CBU pada 2014 sebanyak 220 ribu unit diprediksi bisa dipertahankan tahun ini. Di semester pertama sendiri ekspor mobil CBU Indonesia mencapai angka 107 ribu unit.

Sedangkan untuk ekspor mobil secara terurai (CKD) yang tahun lalu berjumlah 108 ribu unit, diprediksi tetap pula akan bertahan karena di paruh pertama 2015 sudah ada 51 ribu unit.

Sementara setelah banyak brand merealisasikan komitmen investasinya, Indonesia memiliki total kapasitas produksi hingga 1,928 juta unit di akhir tahun ini. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual