Ford akan Lobi Trump Terkait Aturan Efisiensi BBM

Berita Otomotif

Ford akan Lobi Trump Terkait Aturan Efisiensi BBM

MICHIGAN - Mobil listrik dan hybrid ternyata masih kurang populer di Amerika Serikat. Untuk itu Ford mencoba melobi pemerintah di bawah Donald Trump untuk meninjau ulang regulasi soal fuel economy.

Hal ini dilakukan langsung oleh Chief Executive Ford, Mark Fields yang mengatakan bermaksud untuk melobi Presiden terpilih Donald Trump. Intinya Fields mencoba untuk melunakkan aturan fuel economy yang dianggap terlalu ketat dan tidak sesuai dengan pasar otomotif di Amerika Serikat 

Dalam wawancara dengan Bloomberg, Fields mengungkapkan, standart Corporate Average Fuel Economy (CAFE) menuntut pabrikan kendaraan untuk memproduksi mobil berteknologi listrik maupun hybrid. Namun hal ini belum sesuai dengan permintaan pasar di Amerika Serikat, belum banyak yang menginginkan mobil hybrida dan listrik.

"Pada tahun 2008, ada 12 mobil listrik ditawarkan di pasar AS dan itu mewakili 2,3 persen dari industri otomotif. Kini di tahun 2016 ada 55 model dan ini hanya mewakili 2,8 persen. Pada akhirnya dalam bisnis adalah Anda harus memiliki pelanggan, bagaimana mungkin meraih keuntungan jika tidak ada permintaan pasar," ujar Fields.

Rencana lobi ini menjadi menarik karena hubungan Fields dan Trump yang naik turun belakangan ini. Di masa pemilu, Fields dan Trump sempat bersitegang, ini karena pernyataan Trump untuk mengalihkan beberapa produksi kendaraan lokal ke Meksiko.

Suasana berbeda saat pemilu berakhir dan Trump terpilih menjadi Presiden baru. Saat itu Ford menegaskan akan bekerjasama dengan Trump yang intinya untuk memajukkan industri otomotif Amerika. 

Banyak pengamat mengatakan, Trump sepertinya bakal mengabulkan permintaan Fields untuk melunakkan aturan standar CAFE. Tujuan utamanya tentu agar industri otomotif Amerka Serikat menggeliat kembali, terlebih Trump bermimpi untuk mengembalikan kota otomotif Detroit ke masa jayanya. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual