Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ford 1.0 EcoBoost Kembali Raih Penghargaan

Berita Otomotif

Ford 1.0 EcoBoost Kembali Raih Penghargaan

STUTTGART – Di Eropa, mesin dengan bahan bakar bensin memang disukai. Hal ini pun menjadi berkah untuk Ford Motor Company karena mesin Ford 1.0-litre EcoBoost berhasil meraih “Best Engine Under 1.0-litre” pada ajang International Engine of the Year Awards 2015.

Mesin ini dinilai sebagai pemenang – berdasarkan kenyamanan berkendara, performa, ekonomi, kehalusan, dan teknologi – oleh sebuah panel yang terdiri dari 87 jurnalis otomotif, dari 35 negara.

Tahun lalu, 1.0-liter EcoBoost menjadi mesin pertama yang dinobatkan sebagai pemenang keseluruhan International Engine of the Year tiga kali berturut-turut, dan dinobatkan sebagai “Best New Engine” di tahun 2012.

“Mesin 1.0-liter EcoBoost menjadi game changer untuk mesin bensin kecil dan kami bangga mesin ini tetap menjadi best-in-class terlepas dari semakin banyak kompetitor yang bermunculan,” kata Joe Bakaj, vice president, Product Development, Ford Eropa.

“Semangat inovasi yang membantu kami menciptakan mesin ini begitu hidup dan menyala dan kami terus mengembangkan mesin-mesin baru.”

Ford bekerja dengan mitra teknik di Schaeffler Group untuk menguji sebuah dual mass flywheel baru yang memungkinkan deaktivasi silinder untuk mengambil alih beban dan kecepatan mesin di rentang yang lebih lebar, dan membantu meminimalisir tingkat keributan, getaran, dan kekasaran (NVH). Uji coba di jalanan menggunakan prototype di European Research and Innovation Centre di Aachen, Jerman, menunjukkan peningkatan efisiensi bahan bakar lebih jauh hingga 6 persen.

“Bahkan untuk mesin yang diperkecil secara agresif seperti 1.0-liter EcoBoost, sebuah peningkatan signifikan dalam penghematan bahan bakar kendaraan dapat ditemukan dengan mengekspoitasi deaktivasi silinder,” kata Carsten Weber, advanced powertrain manager, Ford Eropa.

“Prioritas tertinggi dalam pengembangan mesin pembakaran baru untuk aplikasi otomotif adalah upaya berkelanjutan pengurangan konsumsi bahan bakar.”

“Ford 1.0-liter EcoBoost tetap menjadi salah satu contoh terbaik dari mesin yang diperkecil,” ujar Dean Slavnich, co-chairman penghargaan International Engine of the Year ke-17 yang diadakan di Stuttgart, Jerman, dan editor majalah Engine Technology International. “Mesin tiga-silinder fantastis ini menunjukkan bahwa masih ada jalan untuk mesin pembakaran internal.” [Adi/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang