Fokus ke All New BR-V, Honda Mengaku Punya Rencana Khusus untuk Mobilio

Berita Otomotif

Fokus ke All New BR-V, Honda Mengaku Punya Rencana Khusus untuk Mobilio

TANGERANG – Honda akan fokus menggarap segmen mobil murah tujuh penumpang di Indonesia lewat All New BR-V. Kendati begitu, mereka mengklaim tidak meninggalkan Mobilio.

Eksekutif Honda menyebut segmen low sport utility vehicle (LSUV) sekarang menjadi 'senjata' utama untuk menggarap pasar kendaraan tujuh penumpang dengan harga terjangkau yang memang populer di Indonesia. Mereka mengandalkan BR-V generasi kedua yang meluncur pada September 2021.

Sebagai informasi, BR-V generasi pembuka meluncur di Indonesia pada 2015, setahun setelah Mobilio—mobil tujuh penumpang murah Honda lainnya—dijual. Akan tetapi, penyegaran model BR-V malah dilakukan lebih cepat ketimbang Mobilio.

Menurut salah satu bos Honda itu sendiri, masa depan Mobilio tetap mereka pikirkan.

“Hasil studi kami untuk tujuh penumpang, ya, LSUV itu menjanjikan karena kondisi infrastruktur dan budaya orang Indonesia yang komunal,” ujar Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy di sela-sela media test drive All New Civic RS pada Rabu (8/12/2021) di Serpong, Tangerang.

“Bukan berarti Mobilio tidak dipikirkan. Kami punya strategi khusus, lah, untuk Mobilio,” lanjutnya lagi.

Honda Mobilio

Sayangnya, Billy tidak bersedia mengelaborasi lebih jauh rencana tersebut.

Mobilio, yang berada di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2014. Model facelift-nya lalu meluncur pada 2017.

Pada 2019, model facelift tersebut mendapatkan ubahan minor dan sampai detik ini tidak ada lagi penyegaran model yang signifikan untuknya.

Honda Mobilio

Padahal, sejak 2017 hingga 2021, kompetitor-kompetitor baru hadir dan yang para pesaing lama pun sudah banyak ‘berbenah’. Dari merek China, ada Wuling Confero yang hadir pada 2017 dan terakhir kali mendapatkan penyegaran model pada Maret tahun ini.

Mitsubishi Xpander, yang juga debut pada 2017, merilis versi facelift pada November 2021 kemarin.

Suzuki Ertiga generasi kedua telah dilepas sejak 2018. Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia memperkenalkan generasi ketiga bulan lalu.

Toyota Avanza 2022

Beberapa bulan belakangan, muncul isu Mobilio akan disuntik mati. Ketika dimintai konfirmasi pada Oktober kemarin, Billy menyebut ‘belum bisa menginformasikan sekarang’ dan hanya menerangkan kalau ‘sampai sekarang Mobilio masih terus diproduksi’.

Dalam wawancara di Serpong, Billy menjelaskan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Mobilio ada di kisaran 350-400 unit setiap bulan. Meski tak membantah volumenya tersebut berada di bawah para kompetitor, ia menilai angka itu ‘masih bagus’. [Xan/Ses]

Cek harga Honda Mobilio bekas di sini



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar