Renault Triber Coba Peruntungan Tantang Avanza dan Xpander Mulai Juli 2019

Berita Otomotif

Renault Triber Coba Peruntungan Tantang Avanza dan Xpander Mulai Juli 2019

JAKARTA - Renault Triber, model yang bakal satu segmen dengan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander, dipastikan meluncur pada Juli mendatang di Indonesia.

Seperti diketahui, Renault ingin kembali menggeliat di Indonesia dengan langsung meluncurkan model di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Segmen itu sendiri adalah yang paling ramai, besar, serta paling ketat persaingannya di pasar otomotif Tanah Air yang dijejali merek-merek besar khususnya dari Jepang, tapi Renault bergeming.

“Apa pun mereknya, kalau punya MPV, bisa masuk ke Indonesia, dan bisa murah harganya. Pasti akan mendatangkannya ke sini,” Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI) dalam Buka Puasa Bersama Media pada awal pekan ini di Jakarta.

Setelah sekian lama bungkam, Davy akhirnya membeberkan calon LMPV mereka. Model tersebut adalah Triber.

“Di Indonesia jadwal peluncurannya masih sesuai jadwal yaitu 19 Juni nanti. (Di Indonesia) kami akan meluncurkannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Jadi rekan-rekan media bisa mencatat kehadirannya di sini adalah sebulan setelah meluncur di negara asalnya,” tandas pria yang sudah malang-melintang di berbagai merek mobil ini.

Sebagai informasi, GIIAS 2019 bakal berlangsung pada 18 - 28 Juli di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Adapun Triber nantinya diimpor secara utuh dari pabrik Renault India.

Pengoperasian Renault di Indonesia sendiri baru saja berpindah tangan, dari sebelumnya dipegang oleh Indomobil Group ke Maxindo Nusantara Group. Merek asal Prancis ini, di bawah agen tunggal pemegang merek (ATPM) baru, memperkenalkan diri pada Februari 2019.

Lebih lanjut, Triber menggunakan platform CMF-A milik Renault. Platform ini sudah dipakai terlebih dahulu oleh Renault Kwid plus Datsun Redi-Go di ‘Negeri Hindustan’.

Spesifikasi Triber belum banyak terungkap. Namun, berdasarkan pemberitaan dari media-media massa India, ‘Kwid’ versi tujuh penumpang tersebut konon akan menggunakan mesin bensin 1.2-liter milik Nissan March atau 1.0-liter turbo.

Jika Anda lupa, Renault dan Nissan sama-sama menjalin aliansi sejak 1999. Pada 2016, Mitsubishi bergabung ke dalam aliansi dan menjadikan mereka secara akumulatif merupakan salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar