Fakta Unik Harga dan Spesifikasi Hyundai Ioniq 5

Berita Otomotif

Fakta Unik Harga dan Spesifikasi Hyundai Ioniq 5

Simak ulasan Mobil123 tentang fakta unik terkait harga dan spesifikasi Hyundai Ioniq 5.

Cat mengelupas di Hyundai Ioniq 5? Isu itu tengah ramai sekarang. Tapi apakah Ioniq 5 semurahan itu?

 
Simak ulasan Mobil123 berikut ini. Sebenarnya banyak fakta unik terkait harga dan spesifikasi Hyundai Ioniq 5. Mobil listrik ini memang jadi yang paling ditunggu saat itu.

Sekarang pun menjadi yang paling laris di Indonesia, bahkan pada saat mobil yang diperkenalkan pertama kali di IIMS 2022, dalam 10 hari pameran saja, mobil ini dipesan di kisaran 800 unit.

Mobil ini sudah diproduksi secara CKD di Cikarang dan ini adalah mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia, sangking larisnya daftar tunggunya sangat panjang.

Hyundai Ioniq 5 di Indonesia dijual dalam dua varian baterai yaitu:

  • Standar-range dengan kapasitas baterai 58 kWh.
  • Long-range dengan kapasitas baterai 72,6 kWh.

Harga Hyundai Ioniq 5

Serta masing-masing varian baterai tersebut mendapatkan dua trim yaitu Prime dan Signature.
Signature tipe tertingginya jadi secara total ada empat varian dari Ioniq 5 di Indonesia yang dijual.

Dari harga yang paling murah itu sekitar Rp748 juta dan yang termahal yaitu long-range Signature dengan harga Rp859 juta.

Tetapi kalau Anda memesan cat yang spesial warna doff yaitu graffiti gold matte, walaupun lebih terlihat seperti silver. Maka anda harus menambah lagi Rp3,5 juta jadi total tipe termahal dengan warna doff harganya menjadi Rp862,5 juta.

Harga dan spesifikasi Hyundai Ioniq 5 memang tetap lebih tinggi, jika dibandingkan dengan mobil normal. Tapi untuk ukuran mobil listrik Hyundai lagi-lagi membuat kejutan, karena kalau di Amerika Ioniq 5 ini disandingkan dengan Tesla model Y. 

Sedangkan di Indonesia Tesla model Y harganya hampir Rp1,5 Miliar atau hampir dua kali lipat dari mobil ini.

Berbicara mengenai desainnya, salah satunya yang membuat mobil ini kenapa begitu diterima oleh pasar, bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia adalah, bentuknya.

Bentuk dari mobil ini seperti mobil konsep. Mirip sekali dengan mobil konsep yang diperkenalkan beberapa waktu lalu, dan ini adalah desain terinspirasi dari model pertama mereka yaitu Hyundai Pony. 

Spesifikasi Eksterior Hyundai Ioniq 5

Mobil ini menggunakan desain retro futuristic, ditandai dengan piksel-piksel, makanya Hyundai menyebut bahasa desain mobil ini adalah “Parametric Pixel”.

Dengan lampu depan berbentuk kotak-kotak yang dibuat seperti menyatu, tetapi di antara kiri dan kanan terdapat radar. Mengapa? Karena mobil ini sudah dilengkapi dengan ADAS (Advanced Driver Assistance System), fitur yang dapat membaca kondisi di depan.

Pada bagian samping terdapat  velg 20 inci yang eksklusif, hanya untuk varian long-range signature. Sedangkan yang lainnya, menggunakan velg berukuran 19 inci. Dibalut dengan ban Michelin Pilot Sport EV 225/45, ban khusus dibuat untuk EV. 

Kemudian hal yang menarik ada pada handle pintunya, jika dalam keadaan terkunci akan rata dengan pintu. Tapi jika didekati dengan kondisi kita mengantongi kuncinya akan muncul handle-nya.


Lalu hal menarik berikutnya, yaitu pada lampu belakangnya yang berdesain senada dengan lampu depannya. Dengan pixel-pixel yang membentang panjang, dari kiri ke kanan, tetapi hal yang disayangkan mobil ini tidak dilengkapi dengan wiper belakang.


Detail Spesifikasi Dimensi Hyundai Ioniq 5

Dimensi

Ioniq 5 Standar range & Long range

Panjang

4635 mm

Lebar

1890 mm

Tinggi

1605 mm

Jarak terendah

160 mm

Jarak sumbu roda

3000 mm

Interior Hyundai Ioniq 5 

Di bagian interior terlihat futuristis, dengan dua buah layar digital yang besar. Di dalamnya terdapat informasi mengenai mobilnya seperti, sisa jarak berkendara, sisa baterai berapa persen, pengaturan panas dan dingin kursi.

Terdapat juga fitur Android auto dan Apple carplay namun harus menggunakan kabel. Kemudian di bawah layar tengah terdapat kisi AC depan, dan di bawahnya lagi terdapat tombol untuk pengaturan mode EV, AC  serta tombol start stop. 

Beralih ke bagian kemudi terdapat pengaturan telepon, head unit, cruise control dan drive mode.  Tuas transmisi pada Ioniq 5 ini berada pada bagian kanan kemudi, seperti pada Mercedes-benz tapi ini posisinya agak sedikit ke bawah

Pada bagian kursinya menggunakan bahan kulit berwarna hitam. Dengan aksen jahitan serta terdapat pengaturan elektrik untuk sisi pengemudi dan penumpang depan. 

Hyundai mengklaim banyak menggunakan bahan yang recycle alias hasil daur ulang untuk bagian interiornya.

Mobil ini juga dilengkapi dengan panoramic roof yang sangat panjang, sehingga memberi kesan luas dan terang di dalamnya.


Beralih ke bagian belakang baris penumpang, hal yang paling mencolok adalah tidak ada gundukan tengah. Pada bagian tengahnya ini benar-benar diciptakan menggunakan mesin listrik.

Tidak mengambil basis mobil bermesin konvensional, sehingga memudahkan akses penumpang untuk pindah dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya.

Dan hebatnya lagi kursi baris kedua juga dilengkapi dengan pengaturan secara elektrik untuk memaju mundurkan, tetapi untuk merebahkan disediakan pengaturan manual.

Serta pengaturan AC baris kedua yang cukup unik, karena ditempatkan di pinggir pada pilar B yang banyak dijumpai pada mobil-mobil premium. 

Lalu hal unik berikutnya ada tirai pada kaca jendela penumpang baris kedua.

Spesifikasi Motor Listrik Hyundai Ioniq 5 

Berbicara mengenai motor listrik, Hyundai Ioniq 5 ini berpenggerak roda belakang. Motor listrik ini berkekuatan 217 Ps untuk tipe yang long-range, sedangkan untuk yang standar range itu di sekitar 170 Ps serta torsi keduanya tipe 350 Nm.

Menurut klaimnya mobil ini 0-100 km/j didapat dalam 7 detik. Untuk Hyundai standard range, dapat menempuh jarak 350 Km.

 Sedangkan untuk yang Long range itu bisa sampai 481 KM. Oh iya, konsumsi listrik dapat lebih hemat lagi berkat fitur sistem regenerative braking.

Jadi ketika kita deselerasi, energi kinetik dari mobil itu dipakai untuk memutar generator untuk menghasilkan listrik. 

Lalu listrik yang dihasilkan disimpan lagi ke baterai, sehingga dalam situasi stop-n-go sekalipun konsumsi bahan bakarnya tetap hemat, dan kita bisa mengambil energi dari regenerative braking itu

Detail Spesifikasi Motor Listrik Ioniq 5

 

Ioniq 5 Standar range

Ioniq 5 Long range

Kapasitas baterai

Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) 58 kwh

Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) 72.6 kwh

Jenis baterai

 

battery Liquid Cooled Lithium-ion

Automatic Single Speed Reduction Gear

Transmisi

Penggerak roda

 

Rear Wheel Drive (RWD)

Tenaga

170 ps(125 kw)

217 ps(160 kw)

Torsi

 

350 nm

Fitur Hyundai Ioniq 5

Mobil ini sudah dilengkapi dengan ADAS meliputi Blind Spot Monitoring System, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, Rear Cross Traffic Alert dan Adaptive Cruise Control.

Adaptive Cruise control mobil ini  benar-benar halus, karena tidak hanya mengandalkan kamera, tetapi juga sistem radar di depan. Sehingga dapat lebih presisi membaca jarak mobil di depan.

Kemudian jika digabungkan dengan fitur Lane Keeping Assist  mobil ini dapat berjalan semi autonomous. 

Ketika anda membeli mobil ini sudah termasuk di dalamnya AC station charger, sehingga Anda tidak perlu ke SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Apa lagi pemerintah melalui PLN juga memberi dukungan, dengan memberikan program apabila Anda memiliki mobil listrik akan membuatkan sambungan listrik baru khusus untuk AC station charger mobil Anda.

Sehingga setiap Anda pulang menggunakan mobil listrik, tinggal mengisi lagi dayanya tidak perlu takut kehabisan daya. 

Bagaimana tertarik beli mobil listrik yang satu ini? Cek penawaran terbaik Hyundai Ioniq 5 di Mobil123 yah.

 



Ryan Adriansyah

Ryan Adriansyah

Seorang penyuka otomotif baik roda dua maupun roda empat yang hobi berkendara pada weekend untuk mencari sarapan Memulai karir sebagai tim konten di Carmudi.co.id, lalu bergabung ke mobil123.compada Augustus 2022.


Berita Utama


Komentar