Evolusi Setir Mobil F1

Berita Otomotif

Evolusi Setir Mobil F1

LONDON – Semua perangkat mobil balap Formula Satu (F1) pasti mengalami evolusi tanpa henti, demikian juga pada kemudi atau setir.

Sebagai puncak dari ajang balap kendaraan di muka bumi ini, wajar jika semua yang berkaitan dengan F1 dipenuhi kerumitan. Temuan dan kembangan terapan teknologi yang ada di dunia otomotif, hampir seluruhnya berasal dari balapan F1.

Untuk membuktikan sejauh mana kerumitan pada mobil balap F1, Anda bisa langsung melihatnya pada bagian setir. Rio Haryanto, mantan pembalap F1 asal Indonesia saja pernah secara langsung mengungkapkan betapa rumitnya mengoperasikan setir kepada Mobil123.com. 

“Ada beberapa tombol yang harus diatur di setir pada setiap kondisi track dan tikungan. Contohnya mengatur sejauh mana traksi pada roda agar dapat melewati tikungan dengan mantap dan tetap menjaga kondisi roda,” ujar Rio kala itu.

Video dari Donut Media berikut ini menunjukkan transisi mulai bentuk melingkar polos tanpa tombol dengan bahan kayu hingga bentuk kotak berbahan carbon plus sekumpulan tombol yang rumit. 

Jadi bisa dibayangkan, bagaimana perbedaan respon terhadap setir mobil balap para pembalap-pembalap F1 dari masa ke masa. Pastinya pembalap era Juan Manuel Fangio, Jack Brabham, Jackie Stewart, Niki Lauda, James Hunt butuh waktu untuk beradaptasi jika diberikan mobil balap dengan setir kotak penuh tombol seperti balap F1 hari ini. 

Sebaliknya mungkin pembalap era Mika Hakkinen, Michael Schumacher hingga Sebastian Vettel, Lewis Hamilton dan sang juara dunia F1 2016 Nico Rosberg akan aneh menggenggam setir kayu tanpa tombol sama seperti yang ada di awal balap F1.

[Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual