Evolusi Mesin Grand New Avanza dan Grand New Veloz

Berita Otomotif

Evolusi Mesin Grand New Avanza dan Grand New Veloz

JAKARTA - Toyota Avanza generasi terkini dilengkapi dengan mesin Dual VVT-i. Teknologi mekanisme bukaan katup ganda ini di dalam mesin 1NR berkapasitas 1.3 liter dan 2NR berkapasitas 1.5 liter. 

Teknologi Dual VVT-i yang dikembangkan merupakan lanjutan dari penggunaan teknologi VVT-i yang telah digunakan pada Avanza awal generasi kedua (2011 – 2015). Dual VVT-i mulai digunakan oleh Grand New Avanza dan Grand New Veloz yang diluncurkan tahun 2015. 

Variable Valve Timming with intelligent ini berfungsi untuk mengatur bukaan klep yang bervariasi. Besarnya bukaan tergantung dari kondisi mesin bekerja melalui pengaturan camshaft drive dengan intake camshaft. Kinerjanya juga didukung oleh tekanan oli mesin yang diaplikasikan pada actuator untuk mengatur posisi camshaft. Posisi katup pada variable ini terletak di katup intake.

Contohnya, saat RPM rendah bukaan katup akan kecil sehingga mengeluarkan bahan bakar minyak (BBM) sedikit. Sementara pada RPM tinggi, bukaan katup akan membesar sesuai dengan kebutuhan untuk menghasilkan tenaga besar.Dengan diaturnya waktu buka dan tutup sesuai kebutuhan mesin maka akan menghasilkan konsumsi BBM yang efisien. 

Sementara sistem Dual VVT-i bekerja dengan menyempurnakan kinerja VVT-i. Katup variable-nya kini menjadi 2 area yakni katup intake dan katup exhaust. Mesin ini juga memiliki penyempurnaan pada intake manifold dan saluran gas buang. Hal ini membuat emisi dapat ditekan semaksimal mungkin seiring dengan performa yang juga meningkat.

Jadi saat mesin hidup, maka pengaturan waktu bukaan klep intake dan exhaust bekerja secara penuh, langsung menyesuaikan dengan tempratur paling ideal. Ketika suhu kerja mesin sudah optimal, waktu buka-tutup klep selanjutnya disesuaikan dengan putaran mesin.

Kondisi ini membuat kinerja mesin akan berbeda pada setiap kecepatan, akan berbanding terbalik saat berada di tengah kemacetan atau berpacu di jalan bebas hambatan yang lenggang. Tak heran jika Grand New Avanza dan Grand New Veloz dengan mesin Dual VVT-i lebih efisiendan memiliki performa lebih baik dibanding model sebelumnya. 

Seluruh varian Grand New Avanza dan Grand New Veloz dibekali busi iridium. Kelebihan dari piranti ini adalah dapat menghasilkan percikan bunga api yang lebih besar dibandingkan busi biasa. Selain itu penggunaan bahan iridium juga memilki keunggulan pada waktu pemakaian tahan hingga 100 ribu km.

Komponen unggulan dari mesin terbaru ini juga terletak dari penggunaan injektor di mana memiliki lubang yang lebih banyak dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jika sebelumnya 4 lubang, kini lubang pada injektor mesin 1NR dan 2 NR memiliki 8 lubang.

Semakin banyak lubang dan dengan diameter kecil membuat butiran bahan bakar akan semakin halus serta proses pengabutan akan semakin baik. Ini membuat kerja mesin jauh lebih baik. Akibat postif lainnya tentunya penggunaan BBM akan semakin efisien. Grand New Avanza dan Grand New Veloz 1.3L lebih irit sekitar 15%. Sementara Grand New Avanza dan Grand New Veloz 1.5L lebih hemat sekitar 20% dari model sebelumnya. [M123]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support