Evakuasi Ibu Hamil di Kemacetan, 5 Polantas Jawa Barat Dapat Penghargaan

Berita Otomotif

Evakuasi Ibu Hamil di Kemacetan, 5 Polantas Jawa Barat Dapat Penghargaan

BANDUNG – Lima polisi lalu lintas (Polantas) di Jawa Barat mendapatkan penghargaan pada awal pekan ini, setelah membantu evakuasi ibu hamil yang terjebak di kemacetan jalan di akhir 2019.

Pengalaman mencekam bukan hanya yang bersifat mistis atau melibatkan hantu. Bagi para suami, mengantar istri hamil yang sudah waktunya melahirkan juga mencekam.

Pasalnya, lalu lintas jalanan di Indonesia amat padat, khususnya di kota-kota besar. Pengalaman ini dialami oleh Gilang dan istrinya Syerin pada hari-hari terakhir Desember 2019 di sekitar Lembang.

Beruntung, di tengah jalan sedang ada para polisi lalu lintas yang sigap menyelamatkan sang istri. Cerita ini sempat viral dan ‘mewarnai’ akhir tahun kemarin sebelum ditutup oleh kabar banjir hebat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi pada 1 Januari 2020.

Aparat-aparat keamanan negara itu pun akhirnya diganjar penghargaan. Para penerimanya, seperti dikutip dari laman daring resmi NTMC Polri, adalah Aiptu Teddy Supriadi, Bripka Daday Darmawan, Brigadir Andi Juandi, Briptu Muhammad Fajar Sidiq serta Brigadir Andi Mulyadi.

Apresiasi diberikan langsung oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Brigjen. Pol. Akhmad Wiyagus pada Senin (6/1/2019) kemarin di Markas Kepolisian Daerah Jawa Barat di Bandung.

Aksi sederhana tapi heroik sendiri terjadi pada Sabtu (28/12/19) sore. Gilang dan istri awalnya hanya ingin kehamilan di klinik di Cimahi, tapi kemudian dirujuk ke RS Avisena karena ternyata sudah sudah waktunya melahirkan.

Namun situasi lalu lintas di kawasan Lembang macet parah dijejali orang-orang dari luar kota yang ingin menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Gilang sempat mengemudi dengan cara agresif dan ini mengundang perhatian lima anggota polisi yang sedang berpatroli.

Setelah mengetahui persoalan, kelimanya lalu mengevakuasi Syerin menggunakan mobil patroli. Sang suami menguntit di belakang.

Briptu M Fajar Sidik, salah satu anggota Polisi yang mendapat penghargaan mengatakan, menolong ibu yang akan melahirkan tersebut merupakan kejadian tak terduga dan sudah menjadi pekerjaannya untuk membantu warga yang sedang memerlukan bantuan. Briptu Muhamad Fajar juga mengatakan penghargaan dari Kapolda Jabar itu akan menjadi cambuk bagi dirinya untuk lebih peka membantu masyarakat. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar