Polisi Lalu Lintas akan Gunakan Bodycam

Berita Otomotif

Polisi Lalu Lintas akan Gunakan Bodycam

JAKARTA – Seragam Polisi Lalu Lintas nantinya akan dilengkapi dengan body camera atau bodycam.

Hal ini disampaikan ileh oleh AKBP M Nasir, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Penyemanatan bodycam dimaksudkan untuk dapat menghindari terjadinya pelanggaran wewenang seperti pungli.

“Untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan, salah satunya pungli. Selain itu, bodycam juga untuk menindak pelanggar lalu lintas secara elektronik (tilang elektronik), ini dapat diarahkan ke sasaran dari back office,” tegasnya.

Tak hanya itu, penambahan bodycam juga bisa menjadi alat komunikasi dimana petugas bisa meminta bantuan bila terjadi sebuah kasus. Kejahatan yang terekam melalui bodycam pun bisa menjadi alat bukti saat persidangan dilakukan.

Penambahan alat ini diklaim setelah Kombes Yusuf, Dirlantas Polda Metro Jaya melakukan studi banding ke beberapa negara. Ketika itu Ia melihat bahwa fitur ini dapat meningkatkan pengawasan terhadap petugas di lapangan.

Sebagian masyarakat saat ini memang masih memandang Polisi Lalu Lintas secara negatif. Beberapa tindakan yang dilakukan seperti razia dinilai hanya merupakan langkah untuk mendapatkan uang dibandingkan penegakan hukum.

Untuk mengurangi hal tersebuy, pihak kepolisian pun melakukan beberapa langkah baru seperti penerapan tilamg elektronik dan pembayaran denda melalui bank. Dengan langkah ini maka diharapkan pelanggaran tersebut dapat dihindari dan memberikan citra lebih positif pada Kepolisian Lalu Lintas. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support