Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Polisi Lalu Lintas akan Gunakan Bodycam

Berita Otomotif

Polisi Lalu Lintas akan Gunakan Bodycam

JAKARTA – Seragam Polisi Lalu Lintas nantinya akan dilengkapi dengan body camera atau bodycam.

Hal ini disampaikan ileh oleh AKBP M Nasir, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Penyemanatan bodycam dimaksudkan untuk dapat menghindari terjadinya pelanggaran wewenang seperti pungli.

“Untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan, salah satunya pungli. Selain itu, bodycam juga untuk menindak pelanggar lalu lintas secara elektronik (tilang elektronik), ini dapat diarahkan ke sasaran dari back office,” tegasnya.

Tak hanya itu, penambahan bodycam juga bisa menjadi alat komunikasi dimana petugas bisa meminta bantuan bila terjadi sebuah kasus. Kejahatan yang terekam melalui bodycam pun bisa menjadi alat bukti saat persidangan dilakukan.

Penambahan alat ini diklaim setelah Kombes Yusuf, Dirlantas Polda Metro Jaya melakukan studi banding ke beberapa negara. Ketika itu Ia melihat bahwa fitur ini dapat meningkatkan pengawasan terhadap petugas di lapangan.

Sebagian masyarakat saat ini memang masih memandang Polisi Lalu Lintas secara negatif. Beberapa tindakan yang dilakukan seperti razia dinilai hanya merupakan langkah untuk mendapatkan uang dibandingkan penegakan hukum.

Untuk mengurangi hal tersebuy, pihak kepolisian pun melakukan beberapa langkah baru seperti penerapan tilamg elektronik dan pembayaran denda melalui bank. Dengan langkah ini maka diharapkan pelanggaran tersebut dapat dihindari dan memberikan citra lebih positif pada Kepolisian Lalu Lintas. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang