Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ertiga Crossover Alias XL7 Dianggap Berpotensi Jadi Penantang Toyota Rush

Berita Otomotif

Ertiga Crossover Alias XL7 Dianggap Berpotensi Jadi Penantang Toyota Rush

JAKARTA - Suzuki XL7 dianggap mampu diposisikan sebagai sport utility vehicle (SUV) murah sekelas Toyota Rush di Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang sumber internal Suzuki yang mengetahui permasalahan menjelaskan bahwa model yang dijuluki ‘Ertiga crossover’ yaitu XL6 akan meluncur dan diproduksi di Indonesia pada awal 2020. Tapi, namanya berubah menjadi XL7 karena perubahan spesifikasi yang lebih mampu memuat tujuh penumpang.

XL6 sendiri meluncur di India pekan lalu. Model ini dikatakan sebagai versi crossover Ertiga karena keduanya dibangun di atas platform sama dan memang bermuka mirip.

Eksekutif agen pemegang merek Suzuki di Indonesia sendiri menolak mengakui atau membantah kebenaran informasi dari sumber internal mereka. Tapi, ia mengakui soal adanya potensi memasukkannya di kelas low sport utility vehicle (LSUV) yang berisi Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V maupun DFSK Glory 560.

“XL6 itu berbeda dari Ertiga, ya. Keduanya tidak sama. Lalu, kalau kita lihat pasar LSUV di sini, kan, sangat potensial. Menarik, nih, karena secara line up kami belum punya produk di situ,” ujar Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Selasa (27/8/2019) di Cikarang, Bekasi.

Di India sendiri, XL6 diposisikan sebagai SUV premium. Di sana, model ini hanya dijual di dealer-dealer khusus mobil kelas premium dari Suzuki.

Donny menyebut agen pemegang merek di tiap negara punya strategi produk berbeda untuk tiap model. Semua harus disesuaikan dengan kondisi pasar masing-masing negara.

Sayang, Donny tidak menegaskan apakah ada perubahan dari sisi mesin, seandainya XL6 dibawa ke sini sebagai XL7. Soalnya, di India sistem penggeraknya mengandalkan mesin bensin 1.5-liter yang dipadukan dengan teknologi Progressive Smart Hybrid.

Satu yang pasti, peluang menempatkannya sebagai LSUV di Tanah Air juga membuatnya sangat potensial meraup volume yang mencukupi untuk menjadi produk rakitan lokal.

“Kalau pun itu nanti kami perkenalkan, kami pastikan kami akan produksi di sini (di Cikarang),” tandasnya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang