Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ekspor Toyota Kijang Innova Zenix Buatan Indonesia akan Digenjot Terus

Berita Otomotif

Ekspor Toyota Kijang Innova Zenix Buatan Indonesia akan Digenjot Terus

JAKARTA – Ekspor Toyota Kijang Innova Zenix rakitan Indonesia akan meningkat lebih dari dua kali lipat dalam dua tahun ke depan.

Kijang Innova Zenix produksi pabrik Karawang, Jawa Barat dikapalkan secara utuh (completely built up/CBU) mulai Februari 2023, dengan perkiraan volume 8.000 unit hingga akhir tahun.

Seremoni ekspornya sendiri berlangsung pada Selasa (21/2/2023) kemarin. Inilah model berteknologi elektrifikasi Toyota pertama yang dirakit lokal serta diekspor dari Tanah Air.

Sekadar mengingatkan, Kijang Innova Zenix meluncur November 2022 sebagai generasi ketujuh dari multi purpose vehicle (MPV) legendaris di pasar Indonesia tersebut. Sekarang, ada opsi mesin hybrid selain mesin bensin.

Toyota Kijang Innova Zenix

Toyota, melalui keterangan resmi, mengumumkan proyeksi ekspor Kijang Innova Zenix sebanyak 17 ribu pada 2025 mendatang.

Artinya, merek mobil terlaris dunia dan Indonesia asal Jepang ini menargetkan peningkatan ekspor 112,5 persen dalam dua tahun hanya untuk model tersebut.

Tidak disebutkan, berapa komposisi ekspor antara Kijang Innova Zenix bensin dan hybrid.

Satu yang pasti, porsi di antara keduanya untuk tahun ini adalah 70 persen berbanding 30 persen.

“Semoga kami dapat berkontribusi lebih besar lagi agar dapat bersama-sama tumbuh dan meningkatkan daya saing global untuk memenuhi perkembangan industri otomotif Indonesia dan global,” ujar President Director PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono.

Kijang Innova Zenix buatan Indonesia sendiri saat ini menyasar negara-negara dari berbagai region. Ada yang berlokasi di Asia, Afrika, Amerika Latin, maupun Timur Tengah.

Toyota Kijang Innova Zenix

Menurut Warih, ekspor Kijang Innova Zenix adalah bagian dari usaha Toyota Indonesia dalam program dekarbonisasi pemerintah karena keberadaan mesin hybrid-nya.

Baterai Ni-Mh di dalam unit yang diekspor pun, klaim dia, merupakan rakitan pabrik Toyota di Karawang.

“Kami akan terus mempertahankan posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan elektrifikasi buatan dalam negeri, khususnya hybrid,”tegas Warih.

Toyota memulai ekspor CBU dari Indonesia sejak 1987 silam, dengan model Kijang generasi ketiga. Sekarang, belasan model telah mereka ekspor ke lebih dari 80 negara.

Pada 2022, ekspor mobil Toyota kreasi Indonesia berjumlah 297 ribu unit, meroket 58 persen jika dibandingkan setahun sebelumnya (year on year/yoy).

Volume itu sekaligus rekor ekspor terbanyak Toyota dari negeri ini. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang