Duplikat Kunci Immobilizer Tidak Pakai Mahal

Berita Otomotif

Duplikat Kunci Immobilizer Tidak Pakai Mahal

JAKARTA – Teknologi Immobilizer menjadi andalan bagi beberapa produsen mobil belakangan ini.

Berkat teknologi tersebut, tingkat keamanan sebuah kendaraan roda empat khususnya menjadi lebih tinggi. Dalam kunci ini tertanam sebuah chip yang berisikan sebuah data yang hanya cocok untuk satu mobil saja.

Teknologi ini dapat menjadi masalah tatkala kunci immobilizer tersebut hilang. Karena jika konsumen membuat duplikat kunci immobilizer ke dealer resmi, harga yang ditetapkan cukup untuk menguras kocek.

Meskipun telah menggunakan teknologi canggih, hal ini tidak menutup peluang duplikasi kunci melalui para penjual jasa non resmi. Pembuat duplikat kunci immobilizer kini mudah ditemui di gerai-gerai tertentu.

Sentra otomotif di Jakarta Pusat, menjadi salah satu tempat untuk membuat kunci immobilizer cadangan. Menjadi menarik karena selain semua jenis kunci bisa diduplikasi, gerai ini juga menawarkan harga yang cukup terjangkau.

Jika melalui dealer resmi, duplikasi kunci immobilizer dapat mencapai puluhan juta rupiah. Di gerai ini, konsumen dapat membuat kunci cadangan tidak sampai Rp 1 juta.

Selain itu, proses duplikasi kunci juga cukup simpel. Dengan menggunakan alat khusus, microchip yang tertanam dalam rumah kunci diambil kemudian disalin ke microchip yang masih kosong (belum berisi data). Perangkat mungil tersebut kemudian ditanam kembali ke dalam rumah kunci baru.

Menurut pengakuan penjual jasa penduplikat kunci, biaya untuk menduplikasi sebuah kunci immobilizer Rp 800 ribu saja. Biaya tersebut tidak termasuk dengan kunci yang tersambung dengan alarm. Untuk kunci dengan alarm, Ia memasang tarif sekitar RP 2 juta tergantung merek mobil.

Alat untuk menduplikasi kunci juga berbeda-beda. Asen yang merupakan pemilik gerai duplikat kunci tersebut mengatakan bahwa alat untuk Mercedes-Benz dan BMW harus menggunakan perangkat khusus. Sedangkan merek mobil lain cukup menggunakan satu alat saja. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support