Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Duh, Honda Brio Buatan Indonesia Berhenti Diekspor ke Vietnam

Berita Otomotif

Duh, Honda Brio Buatan Indonesia Berhenti Diekspor ke Vietnam

TANGERANG – Negara tujuan ekspor Honda Brio rakitan Indonesia berkurang satu yaitu Vietnam. Alhasil, kini city car itu hanya diekspor ke Filipina.

Sebagai informasi, Brio merupakan salah satu model Honda yang hanya diproduksi di Indonesia. City car yang sudah berusia 10 tahun ini mulai diekspor pada 2019 ke Filipina serta Vietnam.

Namun, menurut Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, ekspornya ke Vietnam terhenti sejak tahun lalu.

“Terakhir kami mengekspor (Brio) ke Vietnam itu pada 2021 karena ada aturan baru harus menggunakan Euro 5. Jadi, mulai akhir 2021 kami tidak mengekspor lagi Honda Brio ke sana,” ujar dia menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus di Serpong, Tangerang.

Billy tidak dapat memastikan apakah penyetopan ekspor Brio bersifat temporer atau permanen.

“Saya tidak bisa bilang permanen atau tidak. Tergantung nanti aturannya berubah atau bagaimana, ya,” lontar dia.

Brio diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Kendaraan kompak ini menjadi salah satu model tersukses Honda di Tanah Air, dengan total penjualan 453.253 unit sejak pertama kali dijual pada 2012 sampai Juli 2022.

Malahan, Brio menjadi satu-satunya model Honda yang pernah menjadi mobil terlaris di Tanah Air. Termasuk pada semester satu 2022.

Kesuksesan Brio membuka jalan bagi Honda untuk mengembangkan model-model lain. Di antaranya ialah All New Honda BR-V yang meluncur pada September 2021 dan dijual per Januari 2022.

Brio juga menjadi 'pembuka jalan' bagi ekspor mobil-mobil Honda rakitan Indonesia, setelah mereka lama vakum.

“Ekspor ke dua negara, Vietnam dan Filipina, sejak 2019 sudah lebih dari 22 ribu unit,” sambung Billy.

Billy menjelaskan kalau mandeknya negara tujuan ekspor Brio antara lain disebabkan oleh segmennya yang city car. Peminatnya disebut hanya negara-negara dengan karakteristik tertentu.

“Ini, kan, mobil kecil, ya. Jadi, mobil kecil itu biasanya negara-negara berkembang yang suka minta. Sekarang baru dua negara yang minta. Tapi, karena Vietnam harus Euro 5, jadilah tinggal satu negara. Vietnam di-cancel, masih ada Filipina,” pungkasnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang