Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Disumbang untuk Riset, UI Mau Konversi Honda Brio Jadi Mobil Listrik?

Berita Otomotif

Disumbang untuk Riset, UI Mau Konversi Honda Brio Jadi Mobil Listrik?

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) mendapatkan donasi satu unit Honda Brio dari sang pabrikan. Brio tersebut akan digunakan untuk keperluan riset.

Honda dan UI, pada Senin (26/6/2023), menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) terkait edukasi dan riset kendaraan listrik beserta ekosistemnya.

Salah satu bentuk kolaborasi di antara keduanya adalah pendonasian satu unit Honda Brio.

Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI Dedi Priadi menjelaskan Brio yang diberikan oleh Honda akan diutak-atik untuk studi para akademisi beserta mahasiswa. Apakah Brio akan coba dikonversi mobil listrik?

Honda Brio Satya 2023

Menjawab hal itu, Dedi mengklaim bahwa UI sudah punya kemampuan untuk mengonversi kendaraan listrik. Buktinya, para akademisi UI saat ini sudah bisa mengonversi dua unit bus bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) menjadi bus listrik.

“Kami saja sudah bisa mengonversi dari bus ICE menjadi bus listrik. Bus listrik saja kami sudah bisa. Mobil-mobil kecil saya rasa juga,” aku dia.

Meski demikian, riset konversi Brio menjadi mobil listrik akan dikembalikan kepada para akademisi dari Fakultas Teknik UI. Satu yang ia pastikan, UI telah mempunyai grup riset terkait advanced vehicle (mobil-mobil berteknologi canggih).

“Apakah nanti jadi dikonversikan, biar teman-teman di Fakultas Teknik yang mengembangkan karena di Fakultas Teknik sendiri ada adik-adik kita yang tergabung dalam UI Supermileage Vehicle Team. Di UI sendiri juga ada grup riset terkait advanced vehicle, apakah itu combustion, baterai (kendaraan listrik), atau pun mobil listrik,” papar dia.

“Cuma, kami ingin tahu teknologinya apa yang ada di Brio ini,” pungkas Dedi lagi.

SPKLU Honda di Universitas Indonesia (UI)

Selain sumbangan satu unit Brio, UI juga mendapatkan pinjaman mobil listrik plus sepeda motor listrik dari Honda. Ada dua unit Honda e ditambah satu unit Honda PCX Electric.

UI juga dipinjamkan satu unit power product Honda’s LiB-AID E500. Terakhir, Honda menyumbangkan satu unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang bisa mengecas dua unit kendaraan listrik secara bersamaan. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang