Penampakan DFSK Glory 500 di Beijing Auto Show 2020, Penantang Honda HR-V

Berita Otomotif

Penampakan DFSK Glory 500 di Beijing Auto Show 2020, Penantang Honda HR-V

JAKARTA – Honda HR-V punya pesaing baru dari China bernama DFSK Glory 500. Model yang menjalani debut global dalam Beijing Auto Show 2020 ini punya spesifikasi dan fitur mengesankan.

Beijing Auto Show 2020 adalah pameran otomotif ‘Negeri Tirai Bambu’ yang berlangsung sejak 26 September – 5 Oktober mendatang. Mereka bisa melaksanakannya karena situasi pandemi virus Corona (Covid-19) sudah amat terkendali di sana.

Glory 500 merupakan SUV kompak yang ditujukan tak hanya bagi pasar China. DFSK juga pasar luar negeri.

“Kami akan ‘membawa’ mobil ini ke luar. Agar Anda tahu, secara global kami ada di 17 negara. Kemungkinan, mulai akhir tahun ini Anda akan melihat mobil ini hadir di negara-negara lain di dunia,” kata seseorang dari DFSK yang memperkenalkan diri sebagai ‘Shaggy’, dalam video yang diunggah di Facebook DFSK Motor.

Senjata pertama Glory 500 untuk merayu pasar dunia adalah desainnya yang sporty. Bagian muka memperlihatkan kap mesin yang gembung, gril palang tiga khas DFSK, serta lampu utama berdesain sinis plus galak yang memanjang hingga ke sisi samping bodi.

Bempernya juga tampak sporty berkat bentuk yang menonjol pada bagian lampu kabut. DFSK memberikan lagi aksen garis merah tipis pada bagian bawah.

“(Glory 500) menggunakan dua nada warna bodi. Model yang diperlihatkan sekarang berwarna putih dan hitam. Ini adalah warna untuk orang-orang berjiwa muda,” tukas Shaggy.

Pada sisi samping, terlihat dua garis karakter yang berkesan tajam serta (lagi-lagi) garis merah tipis pada bagian bawah. Terdapat pula pelek palang lima berukuran 17 inci.

Sektor buritan memiliki spoiler dengan indikator rem pada bagian atas. Desain belakangnya berkesan simpel dan tidak memiliki banyak ornamen, sehingga menimbulkan kesan mulus dan bersih.

Tapi, tetap ada aksen garis merah tipis di bemper. Ada pula emblem garansi 7 tahun atau 150 ribu km.

Interior Glory 500 diklaim paling lega di antara SUV kompak mana pun di China. Ini berkat dimensi panjang 4,38 meter dengan jarak sumbu roda 2,6 meter.

Untuk mendukung fungsionalitas, diberikan bagasi berkapasitas 580 liter yang dapat diperbesar lagi dengan melipat kursi baris kedua. Ada pula dua slot USB Charging pada konsol tengah.

“SUV yang diekspor ke luar China 93 persennya SUV kompak. Sekarang kami punya modelnya dan karena itu kami pertimbangkan semua aspek. Kami harus lebih superior dari semua SUV kompak kompetitor,” tegasnya.

Kabin bernuansa hitam-merah dilengkapi balutan material kulit pada berbagai sisi, kisi-kisi AC model turbin seperti pada kendaraan Mercedes-Benz. Terdapat pula Panoramic Sunroof, setir model flat bottom dengan MID and Audio Control, Meter Cluster Full Digital 10,25 inci, maupun Head Unit layar sentuh berukuran sama yang didukung enam pengeras suara.

Fitur-fitur yang disebutkan antara lain adalah Auto Folding Outer Mirror, Keyless Entry, Navigation Map, Wireless Charging, Electric Parking Brake with Auto Hold, Cooling Seats, tiga mode berkendara (Normal, Comfort, Sport), 4 Airbag, Electric Stability Control, Hill Descent Control.

Sayang, spesifikasi mesin belum disebutkan. Demikian pula dengan kisaran harga setidaknya untuk pasar China. Menurut Mobilovers sendiri lebih baik mana, HR-V atau Glory 500? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar