Desain Mobil Porsche Bermasalah?

Berita Otomotif

Desain Mobil Porsche Bermasalah?

WINA - Masa lalu Porsche memang terus menjadi perdebatan hingga sekarang. Bukan hanya Porsche secara pribadi, tapi juga eksistensi Porsche sebagai sebuah brand mobil ternama di dunia. Baru-baru ini cucu seorang desainer mengatakan kalau Porsche telah melakukan plagiat.

Iris Steineck yang merupakan cucu seorang desainer Porsche bernama Erwin Komenda mengklaim kkalau Ferry Porsche bukanlah orang yang mengembangkan desain asli dari Porsche 356.

Wanita yang saat ini bekerja sebagai tenaga medis di Wina tersebut menulis pada sebuah media terkenal Jerman, Stuttgarter-Zeitung bahwa ada semacam penyimpangan hak cipta yang terjadi.

Selain Porsche 356, dia juga menuduh kalau Porsche 911 juga bukan karya Ferdinand Alexander Porsche. Bahkan wanita itu juga mengatakan kalau dalam arsip foto sebuah Porsche 356 di tahun 1948, citra kakeknya dipotong dan hanya menyisakan Ferri dan Ferdinand Porsche saja.

Berbekal bukti paten dan cetak biru desain, wanita itu pun menuntut agar nama kakeknya juga disebutkan setiap kali perusahaan itu membicarakan sejarah 356 atau 911.

Namun, Porsche menyangkal klaim Steineck. Raksasa Jerman itu mengakui bahwa Erwin Komenda memang merupakan karyawan kunci perusahaan antara 1931 dan 1966 ketika bekerja di Kantor Desain Porsche dan selanjutnya di Porsche KG.

Porsche juga menjelaskan kalau Komenda telah disebutkan dalam berbagai publikasi Porsche dan menerima kredit karena kontribusi terhadap desain VW Beetle dan Porsche 356.

Tapi untuk 911, Porsche mengklaim kalau mereka tidak menggunakan ide Komenda di 356 untuk diaplikasi di 911 tapi beralih ke proposal yang ketika itu menjadi saingan Komenda. Proposal itu berasal dari Ferdinand Alexander Porsche. Jadi, Komeda tidak memainkan bagian dalam cerita 911.

Adapun soal pelanggaran hak cipta, Porsche menjelaskan bahwa di kontrak Komeda yang masih ada di arsip perusahaan dengan jelas menyatakan bahwa semua pekerjaan desainer akan dimiliki oleh perusahaan. [Syu/Idr]



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support