Daihatsu Sudah Rakit Toyota Rush Berstandar Euro 6, tapi untuk Diekspor

Berita Otomotif

Daihatsu Sudah Rakit Toyota Rush Berstandar Euro 6, tapi untuk Diekspor

JAKARTA – Pabrik Daihatsu di Indonesia sudah mampu memproduksi mobil dengan standar emisi gas buang tertinggi yaitu Euro 6. Tapi, model tersebut yaitu Toyota Rush ditujukan bagi pasar ekspor.

Basis produksi Daihatsu di Tanah Air tak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, tapi juga luar negeri. Hingga saat ini, mobil – mobil rakitan Daihatsu di Nusantara sudah dikapalkan ke 75 negara.

“Dari 75 negara destinasi, kami menjaga standar kriteria dari masing – masing negara,” ucap Soni Satriya, Executive Coordinator Engineering Division R&D PT. PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam konferensi pers virtual bulanan Daihatsu pada 19 Februari 2021.

Salah satu kriteria yang mesti dipenuhi adalah standar emisi gas buang yang disebut sebagai ‘standar Euro’. Negara – negara tujuan ekspor Daihatsu bahkan ada yang standarnya di atas level Indonesia saat ini yang masih Euro 4.

mobil-mobil rakitan pabrik Daihatsu Indonesia
“Ada dua negara tujuan ekspor produk kami yang standar regulasinya sudah sampai Euro 6. Ada tujuh negara dengan Euro 5. Lalu ada 13 negara yang standar regulasinya Euro 4,” papar Sony.

Bermacam model kendaraan rakitan Daihatsu Indonesia sudah tersebar di negara – negara Asia, Oceania, Timur Tengah, Afrika, sampai dengan Amerika Latin. Dua negara tujuan ekspor mereka dengan standar emisi Euro 6 sendiri berlokasi di Fiji (region Oceania) serta Chile (Amerika Latin).

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com di data ekspor 2020 dan 2021 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), model rakitan Daihasu dengan tujuan ekspor ke dua negara tersebut hanya Toyota Rush. Sebagai informasi, SUV ini memang hasil kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu sebagai anak perusahaan mereka.

SUV murah Rp 200 jutaan itu diproduksi pula di pabrik Daihatsu Indonesia. Rush juga punya kembaran bernama Daihatsu Terios.

Toyota Rush, kembaran Daihatsu, sudah diekspor dengan standar Euro 6
Ekspor Rush berstandar emisi Euro 6 dikonfirmasi kemudian oleh Amelia Tjandra selaku Corporate Planning and Communication Director ADM. Menurut dia, komoditas ekspor Daihatsu dari Indonesia memang berlogo Toyota dan untuk Euro 6 barulah Rush.

"Ya (memang Rush). Untuk ekspor memang merek Toyota," ucap dia melalui pesan singkat pada Senin (22/2/2021). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar