Daihatsu Sigra Tekan Produksi Xenia dan Ayla

Berita Otomotif

Daihatsu Sigra Tekan Produksi Xenia dan Ayla

JAKARTA – Diluncurkannya Astra Daihatsu Sigra di Tanah Air memicu tertekannya produksi model lain dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Konsumen yang hendak meminang Daihatsu Xenia dan Ayla dalam waktu dekat ini, harus sabar mengantre satu hingga dua bulan. Hal ini disebabkan oleh diturunkannya produksi kedua model ADM tersebut akibat pesona Sigra.

Daihatsu Sigra yang secara resmi diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, berhasil memikat masyarakat Indonesia. MPV LCGC Daihatsu tersebut hingga saat ini telah diinden sebanyak 12.414 oleh pelanggan di seluruh Indonesia.

Artikel bersambung dibawah

“Karena pemesanan Sigra yang sudah mencapai 12 ribu lebih, maka produksi Xenia dan Ayla harus inden. Proses inden sendiri tidak lama kok, cuma satu bulan,” terang Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dirinya mengakui bahwa pihak ADM salah memprediksi market saat meluncurkan Daihatsu Sigra. Mereka mengira bahwa kehadiran produk barunya tersebut akan mengganggu model lainnya. Namun baru diluncurkan genap dua bulan, penjualan Xenia dan Ayla akhirnya harus terkena imbasnya.

“Kita salah target, karena pada awalnya kita kan memprediksi bahwa penjualan Sigra akan mengganggu produksi model lainnya. Tapi ternyata tidak, produksi Xenia dan Ayla tetap aman, tapi harus inden sebulan,” terangnya kepada jurnalis.

Dirinya menjelaskan bahwa lonjakan pembeli Daihatsu Sigra saat ini hanya masih sebatas euforia launching. Awalnya Daihatsu Xenia diproduksi sebanyak 5 ribu unit perbulannya, sedangkan Ayla diproduksi 3,5 ribu unit. Namun dengan hadirnya Sigra membuat kedua model tersebut tergerus.

ADM saat ini menurunkan kapasitas produksi dari Xenia dan Ayla dan pada akhirnya menimbulkan daftar antrean (inden). Xenia kini hanya diproduksi sebanyak 3,5 ribu dan Ayla 2 ribu unit saja per bulan.

“Inden ini terjadi secara nasional. Namun kami saya jamin ini tidak akan memakan waktu yang lama. Inden juga terjadi tergantung pemilihan wilayah, tipe dan warna pilihan konsumen. Ini kami perkirakan hanya karena euforia launching saja, kami akan mereview kembali setelah tiga bulan,” jelas Amelia. [Dew/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual