Daihatsu Selamatkan Penyu di Kepulauan Seribu

Berita Otomotif

Daihatsu Selamatkan Penyu di Kepulauan Seribu

Bekerjasama dengan Taman Nasional Kepulauan Seribu, PT Astra Daihatsu Motor dan klub Daihatsu melakukan CSR berupa konservasi penyu di kawasan tersebut. Program yang diberi nama 'Program Konservasi Penyu Binaan Daihatu' ini dilangsungkan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian penyu di Indonesia.

Program yang dilangsungkan sejak Maret 2014 ini berhasil menyelamatkan sejumlah penyu di kawasan ini. Sedikitnya, dari seluruh total telur penyu yang berhasil diselamatkan, 70 persennya berhasil menetas menjadi tukik. Tukik tersebut kemudian dilepaskan secara semi alami, dan sebagian lagi di tahan beberapa waktu agar menjadi lebih dewasa sebelum dilepas ke alam bebas.

Amelia Tjandra, Marketing Director ADM mengatakan bahwa pihaknya sengaja memilih program ini karena melihat populasi penyu di dunia semakin sedikit.

"6 dari 7 spesies penyu di dunia itu ada di Indonesia. Karena itulah kami sengaja melakukan konservasi ini agar penyu ini tidak punah. Kalau punah, itu berarti ada kesalahan dari kita juga juga," ucapnya.

Kondisi Konsevasi

Ada sedikitnya 11 bak berisi penyu-penyu berusia 1-2 tahun di penangkaran penyu. Penyu-penyu tersebut dipelihara disini sebagai sarana edukasi bagi masyarakat yang berkunjung di kawasan Kepulauan Seribu. Selain penangkaran, disini juga disiapkan lokasi untuk penetasan telur. Sementara itu untuk penyu-penyu yang sakit disediakan bak khusus dan dipisahkan dengan yang sehat. [Adi/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support