Daihatsu : Jika Dollar Stabil, Industri Otomotif Berkembang

Berita Otomotif

Daihatsu : Jika Dollar Stabil, Industri Otomotif Berkembang

JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa penjualan kendaraan terasa berat karena kurs rupiah terhadap dollar selalu berubah. Lantas, berapakah angka yang diharapkan Daihatsu agar pasar industri mobil di Indonesia bisa stabil?

"Yang penting tidak berubah-ubah," ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor siang hari tadi.

"Kalau dia mau menjadi Rp 11.600, maka semua brand mendapat perlakukan yang sama. Jadi kami bisa memperhitungkan strategi harga yang akan diambil. Tapi kalau naik turun, kami akan agak sulit untuk melihatnya," ungkapnya.

Untuk menghadapi hal tersebut pun, Daihatsu menggunakan beberapa langkah seperti stepping by increase. Jadi kalau kurs naik, kita gak langsung naik. Karena kami harus lihat dulu kursnya agar tidak memberatkan konsumen sehingga demand masih terjaga," ungkapnya.

Amelia juga mengatakan bahwa fluktuasi kurs sangat berpengaruh terhadap komponen-komponen yang digunakan. Saat ini, Daihatsu memang telah menggunakan komponen lokal sebanyak 85% namun beberapa vendor masih menggunakan bahan baku impor dan mereka menggunakan dollar.

"Inilah mengapa kurs dolar sangat berpengaruh," pungkasnya. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support