Daihatsu Investasi Rp 1.7 Triliun demi Produksi Rocky dan Raize

Berita Otomotif

Daihatsu Investasi Rp 1.7 Triliun demi Produksi Rocky dan Raize

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan investasi senilai Rp 1.7 triliun untuk memproduksi Rocky dan Raize. Proyek mobil kembar terbaru Daihatsu dan Toyota tersebut diproduksi di pabrik ADM di Karawang, Jawa Barat.

Demi menghadirkan dua produk terbaru tersebut, ADM mempersiapkan segala sesuatunya dengan mengucurkan nilai investasi yang tidak sedikit. Adapun biaya tersebut digunakan untuk menghadirkan berbagai alat-alat yang dibutuhkan.

“Kami mengeluarkan Rp 1.7 triliun untuk membeli tooling dalam produksi Rocky. Dengan persiapan yang matang, kami baru bisa memproduksi Daihatsu Rocky dan Raize di pabrik kami di Karawang, Bekasi, Jawa Barat,” kata Amelia Tjandra, Marketing Director and Corporate Planning and Communication Director ADM.

Daihatsu Rocky hadir di masa terakhir fasilitas keringanan diskon PPnBM 100 persen. Mulai 30 April 2021, unit terbarunya tersebut dikatakan telah dikirimkan ke dealer-dealer Daihatsu di Indonesia yang berjumlah lebih dari 400 outlet.

Meskipun dikatakan telah melakukan pengiriman, terpantau di beberapa dealer belum tersedia unit Rocky. Amel menambahkan jika persiapan untuk memproduksi Rocky telah dilakukan sejak Februari 2021.
Daihatsu Rocky Interior

Namun kendaraan tersebut harus melalui beberapa proses dan melibatkan RnD ADM untuk memastikan Rocky sesuai dengan kebutuhan masyarakat Tanah Air. Hal inilah yang menyebabkan konsumen tidak bisa mendapatkan fasilitas diskon PPnBM 100 persen.

Daihatsu Rocky sebelum diluncurkan secara resmi, sudah dipastikan masuk dalam skema penerima diskon PPnBM. Namun konsumen dipastikan baru bisa menerima unit pada Juni 2021. Hal inilah yang membuat konsumen hanya bisa menikmati diskon PPnBM sebesar 50 persen atau tahap kedua.

SUV baru ADM ini dikatakan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan fasilitas diskon PPnBM dari Pemerintah. Hal itulah yang membuat Rocky bisa masuk skema tersebut sebelum peluncuran.

“Karena ini (proses persiapan) berbarengan dengan berlakunya PPnBM, kami memutuskan dan mengecek apakah Rocky akan mengikutinya. Melalui kesempatan ini saya tegaskan bahwa local purchase Rocky sudah memenuhi peraturan Pemerintah yakni di atas 60 persen,” jelasnya kemudian. [Dew/Had]

Tag Terkait


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar