Mesin 1.0-Liter Turbo Daihatsu Tanto Ingin Diadopsi ke Model Lain di Indonesia

Berita Otomotif

Mesin 1.0-Liter Turbo Daihatsu Tanto Ingin Diadopsi ke Model Lain di Indonesia

JAKARTA – Daihatsu membeberkan studi mobil bermesin 1.0-liter turbo, tapi bukan sport utility vehicle (SUV) Rocky yang baru meluncur akhir Oktober di Jepang dan dijual Rp 200 juta-an.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan pihaknya kini sedang mempelajari kecocokan mesin 1.0-liter turbo mereka di pasar Indonesia. Mesinnya sendiri bukan milik Rocky, melainkan milik city car Daihatsu Tanto yang dijual di negara asal mereka.

“1.000 cc turbo punya Tanto. Itu bagian dari studi apakah mesin turbo cocok di Indonesia dan apakah kalau dipakai konsumen Indonesia tenaganya cukup karena kondisi jalan Indonesia berbeda dengan di Jepang,” ucap dia pada akhir pekan lalu di Senayan, Jakarta.

Amelia mengaku studi baru fokus ke mesin, untuk mengetahui performa ketika dipakai di jalan-jalan Tanah Air. Adapun modelnya, klaim dia, belum diputuskan.

Menurut Amelia, studi tersebut berjalan positif. Mesin 1.0-liter turbo itu bisa ‘meladeni’ karakteristik infrastruktur jalan di negara ini.

“Ternyata mesin yang dipakai di Daihatsu 1.000 cc turbo dibandingkan merek lain tidak kalah. Bahkan, mesin ini cenderung lebih cocok untuk kondisi Indonesia,” akunya.

Rocky sendiri saat ini mungkin menjadi model anyar ‘terpanas’ Daihatsu. Selain karena model ini baru saja meluncur, model ini juga merupakan SUV yang sedang tren di pasar global termasuk Indonesia.

Satu alasan lain yang tak kalah penting, Rocky di Jepang berbanderol RP 200 juta-an. SUV lima penumpang ini dikembangkan bersama-sama dengan Toyota Raize yang juga berharga Rp 200 juta-an di ‘Negeri Matahari Terbit’.

Keduanya sama-sama menggunakan platform Daihatsu Next Global Architecture (DNGA). Agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia telah mengatakan bahwa mereka belum mengetahui apakah Raize akan mengaspal di negeri ini atau tidak. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support