Daftar Mobil Baru di IIMS 2014

Mobil Baru

Daftar Mobil Baru di IIMS 2014

IIMS 2014 - Pameran mobil terbesar di Asia Tenggara, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 sudah di depan mata. Pagelaran ini akan digelar pada 18-28 September ini. Apa saja mobil baru yang akan diluncurkan?

Alfa Romeo

Mobil asal Italia, Alfa Romeo Giulietta dipastikan meramaikan pasar mobil Indonesia. Mobil tersebut akan meluncur di Indonesia bertepatan dengan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Mobil itu dipasarkan oleh PT Garansindo Inter Global, selaku distributor merek Alfa Romeo di Indonesia.

Yang paling menarik menyita perhatian dari mobil ini adalah mesinnya. Meski Alfa Romeo Giulietta memiliki mesin 1.4 TB MultiAir, namun mesinnya memiliki tenaga sebesar 170 Hp dan torsinya sebesar 250 Nm. Artinya 1,5 kali lipat Toyota Avanza mesin 1.500 cc. Belum lagi mesin yang terbenam disertifikasi Euro-5.

Teknologi masa depan lainnya yaitu teknologi Start & Stop system. Eksterior Alfa Romeo Giulietta sangat berkarakter dan sporty. Tidak hanya itu, setiap lekukan bodinya sudah disempurnakan hingga sangat aerodinamis. Nah, dengan ukurannya yang kompak, mobil ini diakui sangat lincah.

Nantinya pengendara bakal disuguhi fitur Alfa DNA Selector yang diklaim mampu memaksimalkan kemampuan mesin. Pada interior Alfa Romeo Giulietta tersedia 3 pilihan mode yakni Dynamic, Normal dan All-Weather (segala musim). Belum lagi fitur paddle shift yang menambah kenikmatan berkendara.

Alfa DNA Selector mampu memantau seluruh sensor dan computer yang mengatur VDC (Vehicle Dynamic Control), Dual Pinion Active Steering, Q2 Electronic Differential, tenaga mesin yang disalurkan hingga kinerja sistem rem.

Audi

Di IIMS 2014 Audi akan meluncurkan Audi S3 2.0 Turbo FSI quattro. Mobil ini nantinya akan menemani berbagai produk Audi yang sudah ada sebelumnya.

Deretan mobil yang akan dipameran Audi antara lain Audi A4 1.8 Turbo FSI, Audi A6 3.0 Turbo FSI quattro, Audi A7 Sportback 3.0 Turbo FSI quattro dan Audi A8 L 3.0 Turbo FSI quattro.

Ada pula Audi Q3 1.4 Turbo FSI, Audi Q5 2.0 Turbo FSI quattro serta Audi Q7 3.0 Turbo FSI quattro.

BMW

Pameran mobil terbesar di ASEAN, Indonesia International Motor Show (IIMS) sudah di depan mata. Produsen mobil Jerman, BMW, pun siap memberi kejutan untuk pasar mobil Indonesia.

BMW mengumumkan juga akan meluncurkan kendaraan Sport Activity Vehicle (SAV) terbaru di segmen mewah berukuran-sedang untuk pertama kalinya di Indonesia.

Kendaraan BMW terbaru dengan desain berkualitas tinggi ini akan sangat menarik perhatian saat berada di jalan. Secara visual, SAC terbaru ini dengan sempurna menggabungkan karakter bertenaga dari Sports Activity Vehicle (SAV) dengan sisi elegan dari model coupe klasik.

Kami memprediksi model itu adalah BMW X4. Selain kendaraan terbaru ini, BMW juga akan menampilkan rangkaian kendaraan lengkap termasuk tujuh model kendaraan yang baru diluncurkan. Semua model kendaraan BMW ini menghadirkan inovasi terdepan dalam hal teknologi, dan desain.

Chevrolet

Menjelang IIMS 2014, Chevrolet tidak banyak bicara. Tapi mereka menjanjikan akan memperkenalkan mobil anyar di pameran terbesar di Indonesia ini.

Sejumlah facelift dari deretan mobil mereka sudah siap diperkenalkan. Dan sebagai pamungkas, sebuah model sporty akan mereka luncurkan ke Indonesia.

Sayang, sampai berita ini ditulis Chevrolet masih menutup mulut terkait mobil-mobil mereka di IIMS 2014.

Daihatsu

Tidak mau ketinggalan, raksasa Jepang, Daihatsu siap menggebrak pasar mobil nasional dengan mobil unik mereka, Daihatsu Copen. Di IIMS 2014 Daihatsu menyediakan mobil test drive Copen dan menerima inden mobil tersebut.

Mobil ini sendiri bisa dilihat di booth Daihatsu pada ajang IIMS 2014 mendatang. Daihatsu setidaknya akan memperlihatkan 2 unit Daihatsu Copen yang memiliki dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.280.

Mobil yang masuk ke segmen coupe ini dibekali dengan mesin bensin 3 silinder bertenaga 64 hp dan torsi mencapai 92 Nm.

Spesifikasi mesin mungkin terasa 'standard'. Namun, memang bukan itu Keunikan dari mobil ini. Keunikan dari Daihatsu Copen ada dari bodynya yang bisa di lepas pasang dengan mudah, bahkan tanpa harus ke bengkel sekalipun.

Selain Copen, di IIMS 2014 akan memamerkan 6 mobil konsep yang dibawa di ajang otomotif terbesar di Indonesia bulan depan jumlah hampir setengah dari 13 unit mobil yang akan di display oleh Daihatsu.

Keenam mobil tersebut adalah SUV (Sport Utility Vehicle), UFC-3 (Ultra Function Compact), Ayla GT2, CUV-2 (Cross-over Utility Vehicle) dan Copen sebanyak 2 unit.

Selain mobil-mobil konsep tersebut, Daihatsu juga akan memperlihatkan beberapa line yang sudah dimodifikasi seperti Luxio Sloper, Terios Spirit dan Xenia Indigo.

Datsun

Di IIMS 2014 Datsun akan meluncurkan secara resmi dari line up terbaru mereka yaitu Datsun GO, sebuah mobil perkotaan berharga murah yang masuk dalam program Low Cost and Green Car.

Datsun Indonesia kembali membawa gebrakan dengan membawa mobil konsepnya di ajang Indonesia International Motor Show 2014. Dalam ajang ini, Datsun berencana untuk membawa sebuah mobil konsep mereka yaitu Datsun Redi-Go.

Honda

Di IIMS 2014 akan memperkenalkan mobil terbaru mereka yaitu Honda HR-V. Mobil yang duduk sebagai Crossover Utility Vehicle (CUV) ini pertama kali diperkenalkan oleh Honda pada ajang Tokyo Motor Show tahun lalu dengan nama Honda Vezel.

Mobil ini akan diproduksi secara lokal di pabrik mereka di Karawang. Untuk pasar Indonesia, Honda nantinya akan menawarkan Honda HR-V ke dalam dua varian mesin yaitu mesin i-VTEC 1.8 liter dan i-VTEC 1.5 liter.

Selain desainnya yang atraktif, Honda juga menyematkan beberapa fitur keamanan sepeerti Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Vehicle Stability Assist (VSA) dan Dual SRS Airbag.

Di IIMS 2014 pula Honda dikabarkan akan memperlihatkan facelift dari sedan mereka, Civic.

Infiniti

Meski masih banyak kendala, divisi mobil mewah Nissan, Infiniti kabarnya tetap siap memperkenalkan mobil hybrid di Indonesia. Mobil itu adalah versi hybrid dari sedan Infiniti Q50.

Rumor mengenai model ini sebenarnya sudah lama terdengar. Beberapa bulan lalu Infiniti memang diketahui tengah menguji coba model tersebut.

Model tersebut menggabungkan mesin bensin V6 berkapasitas 3.5 liter. Mesin dengan two clutch 'Dual Clutch Control' dikawinkan dengan motor listrik agar mampu membuat mobil ini mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 5 detik.

Selain versi hybrid, Infiniti juga akan memboyong Q50 bermesin bensin. Model itu kemungkinan adalah Q50 yang diperkuat mesin berkapasitas 2.0 liter atau tepatnya 1.991 cc.

Mesin 4 silinder ini sudah mengaplikasi turbocharged yang pada akhirnya mampu menghasilkan tenaga 211 PS dan torsi maksimum 350 Nm. Tenaga itu kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis 7-speed ke roda belakang.

Jeep

Merek ikonik asal Amerika Serikat, Jeep siap kembali memberi kejutan dengan meluncurkan Jeep Renegade untuk pasar nasional.

Informasi yang beredar, Jeep Renegade yang dipasarkan di Indonesia akan menggunakan mesin 1.4 liter MultiAir Turbo, empat silinder segaris. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi 9-percepatan otomatis ini mampu menghasilkan tenaga 160 hp dan torsi 230,5 Nm.

Mazda

Di IIMS 2014 Mazda siap menggebrak. Bukan hanya dengan 1 mobil saja, tapi 3 mobil sekaligus. Ketiga mobil andalan Mazda itu adalah Mazda2 SKYACTIV, MPV Biante Limited Edition dan MPV VX-1 transmisi otomatis.

Jika ditelisik, ketiga mobil itu sangat menarik perhatian pecinta Mazda di Indonesia dan berada di berbeda segmen. Mobil pertama yang paling menarik perhatian adalah Mazda2 dengan teknologi SKYACTIV-nya.

Mobil tersebut digadang-gadang sudah 100 persen mengalami perubahan mulai dari casis, mesin, transmisi dan desain bodi. Dengan perubahan-perubahan tersebut, Mazda yakin mampu menyaingin para kompetitor di kelasnya.

Dan kedua adalah MPV VX-1 transmisi otomatis. Mobil keluarga 7 seater itu salah satu MPV harga terjangkau dari Mazda yang paling dinanti. Sebelumnya kembaran dari Suzuki Ertiga itu hanya tersedia transmisi manual.

Produk ketiga adalah Mazda Biante yang di posisikan sebagai Medium MPV di Indonesia. Mazda Biante bakal hadir dengan edisi terbatas dan lebih mengakomodir para penggunanya. Penasaran dengan ketiga line-up Mazda. Simak penelusurannya di Mobil123 pada ajang IIMS 2014.

MINI

Untuk MINI, brand ini akan hadir dengan mengusung tema budaya pop di IIMS 2014. Area MINI akan menghadirkan hiburan, serta desain yang terinspirasi oleh musik dengan elemen khas Inggris.

MINI Beat Box akan memberikan pengalaman yang menyenangkan, seperti MINI telah menghadirkan iramanya yang khas di jalan sejak model klasik pertamanya yang diproduksi pada tahun 1959.

Di IIMS 2014, MINI akan meluncurkan edisi khusus terbarunya, yang hadir dengan desain unik, dan menarik.

Rangkaian kendaraan all-new MINI yang baru saja diluncurkan juga akan ditampilkan di ajang IIMS 2014. The all-new MINI hadir dengan karakter desain yang lebih sempurna, kenyamanan berkendara yang ditingkatkan, fungsionalitas yang dihadirkan dengan cermat, dan teknologi inovatif – terlebih lagi kendaraan terbaru MINI ini hadir dengan kualitas premium terbaik.

Mitsubishi

Pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) bakal makin ramai. Raksasa Jepang, Mitsubishi, sudah mengumumkan pada mereka akan memperkenalkan MPV anyar mereka, Delica.

Ketika dilahirkan nanti, model tersebut akan bertarung dengan berbagai 'MPV boxy' lain seperti Mazda Biante, Nissan Serena dan Toyota NAV1.

Meski belum diketahui harganya, diperkirakan mobil ini akan dilepas dengan harga antara Rp 300-400 jutaan.

Nissan

Bersiaplah untuk melihat langsung tampang All New Nissan X-Trail di IIMS 2014. All-New Nissan Xtrail pertama kali diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show pada tahun 2013 lalu.

Dari segi desain, mobil ini memang sudah jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Desainnya, agak mirip dengan beberapa line up Nissan lainnya seperti Nissan Juke dan Nissan Murano. Asyiknya lagi, mobil ini nantinya akan dilengkapi dengan kursi 3 baris yang dapat menampung 7 penumpang sekaligus.

Selain X-Trail, mobil anyar yang akan diboyong oleh Nissan adalah Elgrand. Ada beberapa perubahan di mobil ini, yang paling terasa dari mobil ini disebut-sebut terdapat pada mesinnya.

Nissan Elgrand nantinya akan menggendong mesin 2.500 cc atau lebih kecil kapasitasnya jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selain mesinnya yang berubah, tampilannya pun kini berbeda. Jika sebelumnya modelnya terasa elegan dan agak sedikit ‘kebapakan’, maka kini tampilannya lebih galak dengan disematkannya grill yang lebih lebar dan penyematan lampu Active Adaptive Front-Lighting System.

Renault

Produsen mobil Renault siap kembali menggebrak pasar mobil Indonesia. Setelah sukses memperkenalkan Duster, raksasa Prancis ini siap memperlihatkan crossover terbaru mereka ke masyarakat Indonesia. Mobil itu kemungkinan adalah Renault Captur.

Mobil yang menggunakan sasis Nissan Juke dengan banyak komponen dari Qashqai itu cukup oke. Panjang mobil ini 4.120 mm, sedikit lebih pendek dari Juke yang memiliki panjang 4.135 mm. Sementara lebarnya 1.770 mm dan tinggi 1.570 mm.

Standar desain mobil ini cukup tinggi karena diawasi langsung oleh bos desain Renault, Laurens Van den Acker. Tubuh yang menarik itu digerakkan oleh mesin bensin TCe 90 dan TCe 120 EDC serta mesin diesel dCi 90 dan dCi 90 EDC.

Untuk diesel, Captur mencomot mesin diesel Clio yang ramah lingkungan karena hanya memproduksi emisi CO2 96g/km, angka itu jauh lebih kecil dari Juke 1,5 DCI yang memancarkan emisi 129g/km.

Tapi ada pula yang memprediksi kalau mobil anyar Renault itu adalah Renault Scenic XMOD.

Di ajang yang sama, Renault juga akan menambah varian Duster. Kemungkinan varian itu adalah Duster 4x4 karena saat ini hanya ada Duster dengan sistem 4x2 di Indonesia.

Seperti halnya Captur, Duster juga menggunakan basis yang sama dengan mobil Nissan. Tepatnya Nissan Terrano generasi keempat yang pertama diperkenalkan di India.

Subaru

Tidak mau kalah, di IIMS 2014 Subaru mempersiapkan banyak kejutan. Subaru siap memperkenalkan wajah baru dari WRX. Berlabel All-New WRX, mobil sporty dari Jepang ini akan tampil garang, bukan hanya dari tampilan luarnya saja, tapi juga kekuatan mesin boxer yang digendongnya.

Di sisi lain, versi garang dari WRX dan XV juga tengah mereka persiapkan. Model itu adalah WRX STI dan XV STI Performance Editions.

Dari namanya saja kedua varian ini sudah terdengar seram. STI yang memiliki singkatan Subaru Tecnica International adalah versi ganas dari WRX dan XV.

Suzuki

Pertumbuhan pasar mobil Indonesia saat ini banyak ditopang oleh mobil-mobil murah yang masuk dalam program LCGC. Suzuki pun seperti itu. Penjualan Karimun Wagon R cukup menggembirakan. Nah, sebuah varian baru dari Wagon R pun tengah dipersiapkan.

Saat ini, Karimun Wagon R dijual di Indonesia dengan beberapa tipe mulai dari GA, GL, GX dan Dilago. Suzuki nampaknya belum puas. Karena di ajang Indonesia International Motor Show mereka siap meluncurkan Karimun Wagon R tipe GS.

Tipe GS ini diprediksi akan menjadi tipe paling atas di keluarga Karimun Wagon R. Karena itu, kami memprediksi kalau mobil ini akan dijual di atas Dilago tapi masih di bawah angka Rp 108 jutaan.

Belum selesai sampai di situ, Suzuki juga akan memperkenalkan APV Luxury 2, mobil ini adalah penerus APV Luxury yang juga pernah dijual Suzuki.

Suzuki mengklaim kalau mobil ini akan sesuai dengan namanya, Luxury. Sebab itu, model ini akan tampil dengan kemewahan yang lebih baik di banding versi standarnya.

Tata Motors

Produsen mobil asal India, Tata Motors siap menggebrak Indonesia. Deretan mobil andalannya siap menggebrak di September ini. Dan sebuah mobil konsep pun siap mereka pamerkan di IIMS 2014.

Tidak kurang dari 11 mobil penumpang akan menghiasi booth Tata Motors di Hall C1 dan 17 kendaraan niaga dengan variasi ukuran dan segmen berbeda-beda di booth indoor OD8 mulai dari SUV konsep Tata Nexon, sedan stylish Tata Zest sampai Tata Prima 4023 & Tata Prima 4028.

Tidak hanya itu, Tata Motors juga mempersiapkan Tata Xenon CNG dan Tata Aria A/T.

Toyota

Banyak rumor terkait mobil yang akan diperkenalkan oleh penguasa otomotif Indonesia ini. Tapi Toyota masih tidak mau banyak bicara terkait produk mereka.

Tapi kabar kuat berhembus kalau Toyota sudah menyiapkan peluncuran mobil-mobil 'facelift' di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung pada 18-28 September 2014. Satu di antara mobil facelift yang akan diluncurkan yakni Toyota Camry Hybrid facelift.

Selain mobil hybrid tadi, kabar kuat juga berhembus kalau Toyota bakal memperlihatkan wajah baru dari legenda hidup mereka, Innova. Hilux terbaru juga kabarnya akan ikut dipamerkan.

Dan yang paling bikin kaget adalah kabar mengenai kedatangan SUV Toyota yang bernama RAV4 untuk dites pasar di IIMS 2014. Bila masyarakat positif RAV4 bakal mendapat lampu hijau untuk diluncurkan di Indonesia.

Volkswagen

Raksasa Eropa ini siap ikut berkecimpung di IIMS 2014. Di ajang besar itu beragam produk akan mereka pamerkan.

Tiguan, Touareg dan Polo akan mereka pamerkan. Begitu pula dengan Golf Mk7 dan Scirocco dan Caravelle. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support