Cuci Mobil Dengan Foam Wash, Nissan India Hemat 6.1 Juta Liter Air

Berita Otomotif

Cuci Mobil Dengan Foam Wash, Nissan India Hemat 6.1 Juta Liter Air

NEW DELHI - Dengan teknik pencucian mobil inovatif, Nissan di India mampu menghemat 6.1 juta liter air selama 3 tahun.

Makin berkurangnya sumber air bersih merupakan isu besar di dunia. Dalam beragam kesempatan, banyak lembaga yang mencanangkan penghematan dengan mengunakan air seefisien mungkin. 

Salah satu yang berhasil menerapkan hal tersebut adalah Nissan India. Dengan teknik pencucian mobil yang inovatif, mereka mengklaim dapat menghemat sedikit 6.1 juta liter air selama 3 tahun. 

Nissan India sedikit menjabarkan bahwa mereka menggunakan teknik foam wash atau mencuci dengan busa. Dan ini dilakukan di hampir seluruh jaringan dealer Nissan di India. 

Teknik foam wash sendiri sudah diperkenalkan sejak 2014 di pusat layanan Nissan. Program ini sendiri dilakukan untuk mewujudkan hubungan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat luas secara berkesinambungan terutama dalam hal kelestarian lingkungan.

"Nissan selalu bertujuan untuk memberikan penjualan yang inovatif dan terbaik di kelasnya. Dan ini juga termasuklayanan purna jual kepada pelanggannya. Menggunakan teknik mencuci ini memiliki beragam keuntungan, baik dapat menghemat air juga dapat mempercepat waktu pekerjaan. Ini kombinasi yang bagus untuk pelanggan Nissan dan Datsun serta lingkungan," jelas Sanjeev Aggarwal, Vice President, After Sales of Nissan Motor India Pvt. Ltd

Sebagai perbandingan, jika mencuci dengan menggunakan teknik tradisional maka membutuhkan setidaknya 160 liter air untuk satu mobil. Sementara dengan foam wash, maksimal air yang dibutuhkan mencapai 90 liter per mobil. 

Ini artinya terdapat efisiensi penggunaan air bersih sebesar 45 persen. Atau dengan teknik foam wash, Nissan di India dapat menghemat air setara yang dibutuhkan 25 ribu rumah tangga di India untuk 1 hari. 

Sayang Nissan India tidak memberikan keterangan lanjutan seperti misalnya apa busa tersebut terbuat dari bahan yang juga ramah lingkungan. Karena selain boros air, limbah busa atau sabun sisa proses pencucian juga harus mendapat perhatian karena menjadi salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual