Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Covid-19, Suzuki Lebih Cepat Tangani Masalah Teknis Mobil Pelanggan

Berita Otomotif

Covid-19, Suzuki Lebih Cepat Tangani Masalah Teknis Mobil Pelanggan

JAKARTA – Di tengah masa pandemic Covid-19, Suzuki sukses menangani masalah-masalah teknis mobil pelanggan yang dikirim oleh dealer resminya. Bahkan, selama April dan Mei 2020, rata-rata kecepatan analisis dan penanganan masalah teknis meningkat signifikan hingga mencapai 300%.

Bengkel-bengkel resmi Suzuki telah menggunakan sistem terintegrasi yang dipakai sebagai sarana komunikasi antara Suzuki dan dealer untuk menindaklanjuti temuan dan permasalahan teknis kendaraan yang masih dalam masa garansi yaitu selama 3 tahun/100.000 kilo meter. Dalam sistem tersebut, temuan dan permasalahan teknis yang dilaporkan oleh dealer akan diulas, dianalisis, dan diverifikasi oleh tim Suzuki.

Meski pandemi berdampak pada waktu kerja yang menjadi lebih terbatas dan unit entry yang masuk ke bengkel menurun, tim teknis Suzuki tetap optimal memverifikasi semua laporan sehingga berhasil meningkatkan rasio kecepatan analisis. Pada April 2020, di saat jumlah unit entry merosot hingga 47%, tim Suzuki mampu meningkatkan rata-rata kecepatan proses investigasi, analisis, dan verifikasi 300% lebih tinggi dibandingkan kondisi normal.

“Pandemi ini tidak membuat kualitas layanan kami menurun. Dengan jumlah hari kerja yang lebih sedikit dari biasanya, kami mampu mengoptimalkan investigasi dan review menyeluruh atas laporan masalah teknis kendaraan pelanggan yang dikirimkan diler. Hasilnya kemudian akan diteruskan ke tim Quality Assurance untuk dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas kendaraan di masa yang akan datang,” ungkap Riecky Patrayudha, 4W, 2W & Marine Service Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Dia menambahkan hasil verifikasi tersebut kemudian dikirim ke bagian terkait seperti Quality Assurance, pabrik, bahkan hingga ke Suzuki Motor Corporation sebagai prinsipal untuk ditindaklanjuti agar dilakukan peningkatan kinerja dan kualitas kendaraan yang akan diproduksi selanjutnya. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang