Cium 6 Bau Ini, Mobil Anda tengah Bermasalah

Panduan Pembeli

Cium 6 Bau Ini, Mobil Anda tengah Bermasalah

JAKARTA – Selama kita di dalam mobil, kita harus senantiasa waspada terhadap bau-bau yang kita cium. Bisa saja bau-bau tersebut sebenarnya ingin menceritakan kepada kita mengenai masalah mobil.

Lantas, bau apa saja yang harus diwaspadai? Berikut ulasannya:

  1. Bau karet terbakar. Bau ini bisa disebabkan oleh beragam hal. Salah satunya adalah v-belt  terbakar atau ada komponen karet yang lepas dari posisi awalnya dan bergesekan dengan komponen lain.
  2. Bau  oli terbakar. Bau ini bisa terjadi karena adanya oli atau pelumas yang bocor dan masuk ke dalam sistem pembuangan. Untuk memeriksanya, periksa tetesan oli pada bagian kolong kendaraan atau asap yang keluar.
  3. Bau bensin. Ini adalah kondisi yang tidak menyenangkan karena akibatnya bisa menyebabkan mobil kebakaran. Bau bensin bisa dari injector ataupun saluran bensin.
  4. Bau manis. Jika Anda biasa mengisi radiator dengan menggunakan cairan pendingin (coolant) dan tiba-tiba mencium bau manis seperti bau sirup, maka kemungkinan ada yang bocor di sistem pendinginan mesin. Ingat, jangan membuka tutup radiator ketika masih panas.
  5. Bau seperti karpet terbakar. Ini artinya ada masalah pada rem atau fitur keselamatan lain. Secepatnya periksa rem mobil Anda sebelum hal buruk terjadi.
  6. Bau seperti telur busuk. Bau telur busuk tentu tidak pernah enak. Dan jika ada bau seperti itu di dalam kabin, maka kemungkinan ada masalah di catalytic converter yang tidak menyaring hidrogen sulfida di knalpot dengan baik. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual