Chevrolet Terus Tingkatkan Aerodinamika Mobil

Berita Otomotif

Chevrolet Terus Tingkatkan Aerodinamika Mobil

BANGKOK – Saat mengendarai mobil, kita sering menghadapi banyak angin. Bahkan angin bisa membuat mobil kita bergoyang dan suaranya masuk ke dalam kabin membuat kebisingan.

Untuk menghindari itu, Chevrolet pun melakukan penelitian terkait aerodinamika mobil. Chevrolet yakin bahwa aerodinamika mobil sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara.

Dalam melakukan penelitian tersebut, General Motors menggunakan  state-of-the-art Aerodynamics Lab. Fasilitas ini dilengkapi dengan terowongan-angin  dengan panjang 228,6 meter dan kipas bermotor listrik dari DC yang setara dengan 4.500 HP dan dapat menghasilkan angin berkecepatan 222 km/jam.

Frank Meinert, Technical Integration Engineer, GM Global Aerodynamics mengatakan bahwa dengan melakukan penelitian ini maka mereka bisa membuat jalur yang bisa dilalui angin dan meningkatkan kenyamanan berkendara. “Dalam terowongan ini kita dapat mengukur kinerja aerodinamika kendaraan dengan akurasi yang lebih tepat.”

Jika sebuah kendaraan dengan aerodinamika yang maksimal dapat menghemat bahan bakar hingga 1,06 kilometer per liter, maka dengan tangki BBM berkapasitas 55 liter, para pelanggan dapat mendapat tambahan hingga 58 km. Dengan efisiensi BBM ini maka artinya emisi gas buang juga dapat berkurang.

Desain aerodinamika yang baik juga menghasilkan kabin yang lebih senyap. Dengan interior lebih senyap maka Anda tidak perlu memasang volume suara audio di level tinggi. Kenyamanan berkendara juga semakin maksimal.

Tak berhenti di sana, General Motors menyebut bahwa aerodinamika berpengaruh terhadap stabilitas berkendara. Semakin stabil kendaraan, maka tingkat keselamatan berkendara akan meningkat. Keuntungan-keuntungan inilah yang diharapkan akan dapat dimaksimalkan oleh GM setelah menyelesaikan penelitian ini.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual