CEO Nissan: Mobil Otonom Hilangkan Kerepotan

Berita Otomotif

CEO Nissan: Mobil Otonom Hilangkan Kerepotan

PARIS - Mengemudi merupakan sebuah kegiatan yang masih banyak disukai oleh banyak orang. Dan hadirnya mobil otonom seakan merebut kesenangan tersebut dari para pecintanya. Namun Carlos Ghosn, CEO Renault-Nissan mengatakan hal sebaliknya.

“Kami mengembangkan teknologi otonom adalah untuk menghilangkan kerepotan mengemudi, bukan menghilangkan kenikmatan berkendara. Faktanya adalah kebanyakan pengemudi tidak menikmati perjalanan macet atau jalan lurus panjang dan monoton,” ungkapnya.

“Dengan teknologi yang terdapat pada mobil kami, pengemudi bisa memutuskan apakah akan menggunakan teknologi (mobil otonom) atau tidak. Tujuan kami adalah untuk meningkatkan pengalaman berkendara, bukan menguranginya. Kami ingin membangun mobil yang memberikan pengendara lebih banyak kebebasan, lebih banyak pilihan dan lebih banyak kontrol.”

Teknologi ini juga diyakini membuat penggunanya lebih produktif dan mengurangi stress.

“Di Eropa, pengemudi menghabiskan waktu selama 300 jam sehari di mobil mereka. sementara di Amerika bisa menghabiskan 750 jam di mobil mereka. Dengan teknologi ini maka mereka bisa menggunakan waktu tersebut untuk bekerja ataupun bersantai,” tambahnya.

Tak hanya itu, dengan teknologi ini maka akan membantu para orang tua untuk dapat beraktivitas kembali.

“Jika kita melihat jauh ke depan lagi, di mana mobil benar-benar bisa bergerak sendiri, maka para orang tua akan memiliki kemampuan untuk berkeliling meski mereka tidak bisa mengemudi kendaraan,” tambahnya.

Dia juga menambahkan bahwa dengan menggunakan teknologi ini maka diharapkan keselamatan berkendara dapat meningkat.

“Di internal perusahaan, kami memiliki moto ‘Zero Emissions, Zero Fatalities’ (Nol Emisi, Nol Kematian). Kami telah membuat kemajuan kendaraan listrik, dan kendaraan otonom adalah langkah besar untuk mencapai ‘0 kematian’,” ungkapnya.

Ia pun meyakini bahwa kelak mobil otonom akan menghasilkan sebuah pengubahan besar dalam mobilitas manusia ke depan.

“Ini akan membuat mobil kita lebih pintar, aman dan memberi kemampuan kita untuk tetap memiliki mobilitas kala kita telah tua,” tutupnya. (AH/Idr)

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual