Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

CARSOME Group Raih Pendanaan US$200 Juta dalam Putaran Investasi Terbaru

Berita Otomotif

CARSOME Group Raih Pendanaan US$200 Juta dalam Putaran Investasi Terbaru

SINGAPURA - Untuk mempercepat pertumbuhan platform E-commerce mobil terintegrasi dan terbesar di Asia Tenggara, CARSOME Group Inc, dapat pendanaan sekitar US$200 juta.

Capaian penting ini mencerminkan keyakinan yang kuat terhadap target profitabilitas CARSOME dan inisiatif ekosistem baru yang dilakukannya.

CARSOME factory

Putaran investasi ini melibatkan partisipasi luas dari investor-existing CARSOME, termasuk 65 Equity Partners, Seatown Private Capital Master Fund, Qatar Investment Authority, Gobi Partners, dan Asia Partners.

Selain itu, investor baru, EvolutionX Debt Capital, memberikan fasilitas utang jangka panjang, yang memperkuat posisi keuangan Grup. EvolutionX adalah platform pendanaan utang tahap pertumbuhan yang berfokus pada perusahaan teknologi di Asia.

Pada tahun 2022, CARSOME Group mencatat pertumbuhan pendapatan yang luar biasa sebesar 250%, mencapai US$1,5 miliar, dengan kontribusi CARSOME Certified sebagai lini ritel regional yang baru didirikan, sebesar 35% dari total pendapatan.

Capai Profitabilitas Operasional

Pada Kuartal I 2023, Grup CARSOME mencapai titik profitabilitas operasional untuk pertama kalinya, didorong oleh pertumbuhan yang signifikan dalam margin transaksi, yang melonjak dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Lebih dari 80% margin transaksi berasal dari margin perdagangan, mengindikasikan potensi besar untuk pendapatan tambahan.

Fokus CARSOME pada penawaran ekosistem, termasuk Pembiayaan, Asuransi, dan Layanan Purna Jual, semakin meningkatkan prospek pendapatannya.

Salah satu penawaran layanan purna jual yang menonjol adalah CARSOME Service Centers (CSC), yang mengalami pertumbuhan bulanan lebih dari 100% sejak diluncurkan pada akhir tahun lalu.

Diperkirakan jaringan CSC akan mencakup seluruh Malaysia pada akhir Kuartal III 2023.

Dengan jangkauan audiens digital terluas lebih dari 15 juta pengguna aktif bulanan, CARSOME Group memiliki ekosistem konten dan media komprehensif, termasuk merek-merek terkenal seperti iCar Asia dan Wapcar.

Personalisasi dan Fokus pada Kepuasan Pelanggan

CARSOME plant

Selain mencapai pertumbuhan pendapatan lebih dari 30% dan profitabilitas sebagai unit bisnis independen, perusahaan-perusahaan ekosistem CARSOME juga berkontribusi dalam mengurangi biaya akuisisi pelanggan Grup sebesar 60%.

Pendekatan penggabungan data di seluruh ekosistem memungkinkan CARSOME menawarkan pengalaman personalisasi dan fokus pada kepuasan pelanggan, seperti yang tercermin dalam metrik kepuasan pelanggan.

Pada Kuartal I 2023, lini ritel CARSOME Certified mencatat Net Promoter Score (NPS) yang tinggi sebesar 77 poin di industri mobil bekas.

Di sisi lain, bisnis grosir Grup mencapai NPS sebesar 75 poin, yang semakin memperkuat kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Melalui fitur MyGarage dalam aplikasi CARSOME, yang menawarkan penilaian mobil real-time, pemesanan layanan, dan inspeksi penjualan, CARSOME menghadirkan pengalaman kepemilikan mobil yang personal.

Dalam waktu dekat, MyGarage akan terus mengintegrasikan layanan-layanan tambahan seperti Pembiayaan, Asuransi, dan Layanan Purna Jual.

MyGarage menjadi tonggak penting dalam misi Grup CARSOME untuk memberikan kepuasan menyeluruh kepada pelanggan sepanjang siklus kepemilikan mobil mereka.

Eric Cheng, Co-Founder dan Group CEO CARSOME, mengatakan, "Selama delapan tahun terakhir, kami telah membangun cara transaksi yang lebih terpercaya bagi pelanggan dalam industri mobil bekas di Asia Tenggara."

"Kondisi likuiditas yang baik dan dukungan kuat dari investor lama maupun baru memberi kami pondasi yang kokoh untuk menghadirkan ekosistem kepemilikan mobil terintegrasi pertama di dunia, yang melampaui sekadar membeli dan menjual mobil dengan menyediakan layanan tambahan sepanjang siklus kepemilikan. Kami berterima kasih kepada seluruh investor atas kepercayaan yang terus diberikan pada visi dan kemampuan kami saat kami mengarahkan perusahaan ini menuju profitabilitas sebagai sebuah Grup," jelasnya.

Juliet Zhu, Group President dan CFO CARSOME, mengomentari, "Kesuksesan profitabilitas adalah salah satu tonggak dalam perencanaan modal jangka panjang kami, dan kami akan terus mengundang mitra yang tepat untuk memberikan nilai strategis pada setiap tahapan pertumbuhan kami."

Berhasil Menjual lebih 150.000 Mobil Setiap Tahun

Investasi dari EvolutionX merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Rahul Shah, Partner EvolutionX, mengatakan, "Kami tetap fokus dalam mendukung perusahaan teknologi terkemuka di kategori pasar inti kami di Asia, yang didukung oleh investor jangka panjang terpercaya. Kami sangat antusias dengan fokus CARSOME untuk mencapai profitabilitas pada tahun ini dan kami percaya bahwa pendanaan kolektif ini akan mengoptimalkan struktur modal dan meningkatkan kekuatan keuangan perusahaan untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan yang menguntungkan."

CARSOME secara aktif membentuk kembali industri mobil bekas di Asia Tenggara melalui pendekatan inovatif yang didorong oleh data dan teknologi, yang menawarkan kepercayaan, transparansi, dan pilihan dalam meningkatkan pengalaman kepemilikan mobil.

Saat ini, CARSOME telah berhasil menjual lebih dari 150.000 mobil setiap tahun dan melayani lebih dari 15 juta pelanggan unik setiap bulannya melalui saluran online dan offline di seluruh kawasan tersebut.



Tutus Subronto

Tutus Subronto

Editor

Head of Media Content iCar Asia Indonesia. Email: tutus.subronto@icarasia.com


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang